PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN BERBANTUAN PENDEKATAN REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Main Article Content

Kukuh Dhany P Imam Bukhori

Abstract

Pelaksanaan kegiatan penelitian ini dilatarbelakangi karena kurang berkembangnya sarana dan media pembelajaran peserta didik. Pembelajaran secara langsung pada lembaga pendidikan masih menggunakan media pembelajaran konvensional dengan sumber belajar yang tidak pasti sehingga berpengaruh pada hasil belajar. Tujuan penelitian ini (1) menghasilkan media pembelajaran barupa E-modul dengan basis REACT (relating, experiencing, applying, cooperating, transfering) bagi peserta didik kelas XI mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian; (2) Mengetahui kelayakan E-modul yang dipakai pada pengajaran peserta didik kelas XI dalam mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian; (3) Mengetahui apakah penerapan sumber belajar E-modul dengan bantuan teknologi dapat meningkatkan hasil belajar serta mempermudah pengajaran bagi peserta didik kelas XI pada mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian. Dengan dikembangkannya media pembelajaran E-modul berbantuan pendekatan REACT, diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa maka berpengaruh pada peningkatan hasil belajar. Model penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Dalam kegiatan penelitian ini, penggunaan objeknya yaitu kelas XI program keahlian OTKP yang merupakan kelas uji coba produk. Pada kegiatan meneliti berikut terdapat 8 proses yakni 1) Potensi permasalahan; 2) Mengumpulkan data; 3) Mendesain produk; 4) Validasi desain; 5) Uji coba produk; 6) Uji coba produk; 7) Revisi prooduk; 8) Produk akhir. penelitian menghasilkan sebuah media E-modul berbantuan pendekatan REACT mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian yang siap diterapkan pada siswa kelas XI OTKP 3 di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Hasil validasi materi, validasi media, serta validasi pengguna erhadap media pembelajaran E-modul benbantuan pendekatan REACT untuk meningkatkan hasil belajar mendapatkan nilai dengan kriteria ‘’sangat layak’’.

Article Details

How to Cite
P, Kukuh Dhany; BUKHORI, Imam. PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN BERBANTUAN PENDEKATAN REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. Soedirman Economics Education Journal, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 1 - 15, apr. 2022. ISSN 2686-6277. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/seej/article/view/5631>. Date accessed: 29 nov. 2022. doi: https://doi.org/10.32424/seej.v4i1.5631.
Section
Articles