FAKTOR PERTIMBANGAN PASAR KERJA, KEMAMPUAN FINANSIAL, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT UNTUK MENGIKUTI UJIAN CERTIFIED PUBLIC ACCOUNTANT (CPA)

Main Article Content

Bella Andias Permatasari Dona Primasari Umi Pratiwi

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan data primer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pertimbangan pasar kerja, kemampuan finansial, dan lingkungan keluarga terhadap minat mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Jenderal Soedirman untuk mengikuti ujian CPA. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman. Sampel diambil menggunakan metode stratified sampling, dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 138 responden. Data diperoleh melalui survei menggunakan kuesioner online. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pertimbangan pasar kerja berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa untuk mengikuti ujian CPA; (2) Kemampuan finansial berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa untuk mengikuti ujian CPA. (3) Lingkungan keluarga berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa untuk mengikuti ujian CPA.

Article Details

How to Cite
PERMATASARI, Bella Andias; PRIMASARI, Dona; PRATIWI, Umi. FAKTOR PERTIMBANGAN PASAR KERJA, KEMAMPUAN FINANSIAL, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT UNTUK MENGIKUTI UJIAN CERTIFIED PUBLIC ACCOUNTANT (CPA). Soedirman Economics Education Journal, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 29 - 38, apr. 2022. ISSN 2686-6277. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/seej/article/view/5524>. Date accessed: 29 nov. 2022. doi: https://doi.org/10.32424/seej.v4i1.5524.
Section
Articles