MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN GOOGLE SPREADSHEET DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN 4C SISWA

Main Article Content

Fatma Choirunnisa Widyaningrum Caroline Agni Sulistyowati Muhammad Feriady

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran project based learning berbantuan google spreadsheet dalam meningkatkan hasil belajar siswa SMK Negeri 2 Semarang. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI BDP 1 dan 2 SMK Negeri Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 60 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes, pengamatan, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan uji t. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) berdasarkan analisis dengan uji Independent Sample T-Test diperoleh bahwa nilai signifikansi adalah 0,093<0,10 dan (2) berdasarkan analisis deskriptif Model Project Based Learning (PjBL) berbantuan google spreadsheet hasil belajar mengalami peningkatan dari 76,4 naik menjadi 85,3, pada keterampilan 4C juga mengalami perkembangan dari pertemuan pertama dan pertemuan selanjutnya. Simpulan dari penelitian ini adalah model PjBL berbantuan google spreadsheet efektif meningkatkan hasil belajar untuk mengembangkan keterampilan 4C siswa dan model PjBL lebih efektif dibandingkan menggunakan model pembelajaran konvensional pada pembelajaran di masa pandemi. Saran yang diberikan adalah model PjBL berbantuan google spreadsheet dapat diterapkan guru sebagai salah satu variasi model pembelajaran kewirausahaan sebagai solusi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar di masa pandemi.

Article Details

How to Cite
WIDYANINGRUM, Fatma Choirunnisa; SULISTYOWATI, Caroline Agni; FERIADY, Muhammad. MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN GOOGLE SPREADSHEET DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN 4C SISWA. Soedirman Economics Education Journal, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 72 - 81, apr. 2022. ISSN 2686-6277. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/seej/article/view/4937>. Date accessed: 29 nov. 2022. doi: https://doi.org/10.32424/seej.v4i1.4937.
Section
Articles