EVALUASI PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING DI PRODI PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN

  • Nurul Hidayat Universitas Jenderal Soedirman
  • Bambang Sunarko Universitas Jenderal Soedirman
  • Suci Indriati Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan pembelajaran daring di Prodi Pendidikan Ekonomi
FEB Unsoed dengan menggunakan dua aspek evaluasi model CIPP yaitu aspek process dan aspek product.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan
data sekunder yang didapat dari 149 mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi FEB Unsoed TA 2017, 2018, dan
2019. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Instrumen
penelitian yang digunakan berupa kuisioner. Teknis analisis data menggunakan analisis deskriptif
kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pembelajaran daring yang ditinjau dari aspek
process memperoleh skor 78,24 atau termasuk dalam kategori baik, aspek product memperoleh skor 64,74
atau termasuk dalam kategori cukup, dan diketahui sebagian besar mahasiswa lebih nyaman jika metode
yang digunakan untuk penyampaian materi, interaksi dan diskusi, dan proses asesmen menggunkan metode
sinkron (synchronous), sebagian besar mahasiswa lebih nyaman mengerjakan soal atau tugas berbentuk
jawaban uraian. Namun demikian, masih diperlukan perbaikan terkait kualitas kondisi jaringan, kualitas
penyajian materi, dan intensitas tugas yang diberikan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
penerapan pembelajaran daring di Prodi Pendidikan Ekonomi FEB Unsoed secara keseluruhan sudah
berjalan baik sehingga bisa dilanjutkan.

Published
2021-10-20
How to Cite
HIDAYAT, Nurul; SUNARKO, Bambang; INDRIATI, Suci. EVALUASI PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING DI PRODI PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN. Soedirman Economics Education Journal, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 42-57, oct. 2021. ISSN 2686-6277. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/seej/article/view/4413>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.32424/seej.v3i2.4413.
Section
Articles