EVALUASI PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING DI PRODI PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan pembelajaran daring di Prodi Pendidikan Ekonomi
FEB Unsoed dengan menggunakan dua aspek evaluasi model CIPP yaitu aspek process dan aspek product.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan
data sekunder yang didapat dari 149 mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi FEB Unsoed TA 2017, 2018, dan
2019. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Instrumen
penelitian yang digunakan berupa kuisioner. Teknis analisis data menggunakan analisis deskriptif
kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pembelajaran daring yang ditinjau dari aspek
process memperoleh skor 78,24 atau termasuk dalam kategori baik, aspek product memperoleh skor 64,74
atau termasuk dalam kategori cukup, dan diketahui sebagian besar mahasiswa lebih nyaman jika metode
yang digunakan untuk penyampaian materi, interaksi dan diskusi, dan proses asesmen menggunkan metode
sinkron (synchronous), sebagian besar mahasiswa lebih nyaman mengerjakan soal atau tugas berbentuk
jawaban uraian. Namun demikian, masih diperlukan perbaikan terkait kualitas kondisi jaringan, kualitas
penyajian materi, dan intensitas tugas yang diberikan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
penerapan pembelajaran daring di Prodi Pendidikan Ekonomi FEB Unsoed secara keseluruhan sudah
berjalan baik sehingga bisa dilanjutkan.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.