PEMANFAATAN BUKU DIGITAL KEARSIPAN KURIKULUM 2013 BERBASIS ANDROID PADA SEKOLAH VOKASI

  • Chairul Huda Atma Dirgatama Universitas Sebelas Maret
  • Siswandari Siswandari Universitas Sebelas Maret
  • C. Dyah Sulistyaningrum Indrawati Universitas Sebelas Maret

Abstract

Era digital menjadikan perubahan sangat pesat, berawal dari sesuatu yang tradisional berubah menjadi
modern. Perkembangan teknologi menjadikan perpaduan antara teknologi cetak dengan teknologi
digital dalam pembelajaran. Modul cetak yang ada tersebut diubah pada penyajiannya dalam bentuk
elektronik sehingga muncul istilah buku digital. Buku digital merupakan bentuk penyajian bahan belajar
secara mandiri yang disusun dengan cara yang sistematis dalam format elektronik. Penelitian yang
dilakukan merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui tingkat pemanfaatan buku digital kearsipan kurikulum 2013 android pada
sekolah vokasi di wilayah Surakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan buku
digital kearsipan kurikulum 2013 tergolong kategori baik dengan nilai 89%, sedangkan aspek
keefektifan media menunjukkan kategori sangat baik dengan nilai 93% sehingga dapat membantu
peserta didik dalam proses pembelajaran. Berdasarkan data penilaian kelayakan dari ahli materi
termasuk pada katagori sangat baik atau sangat layak digunakan dengan nilai 90%, sedangkan hasil
penilaian ahli media termasuk dalam katagori sangat baik atau sangat layak digunakan dengan nilai
90%, di samping itu juga uji coba pada peserta didik termasuk dalam katagori sangat baik atau layak
digunakan dengan nilai 95%.

Published
2021-04-10
How to Cite
DIRGATAMA, Chairul Huda Atma; SISWANDARI, Siswandari; INDRAWATI, C. Dyah Sulistyaningrum. PEMANFAATAN BUKU DIGITAL KEARSIPAN KURIKULUM 2013 BERBASIS ANDROID PADA SEKOLAH VOKASI. Soedirman Economics Education Journal, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 27-36, apr. 2021. ISSN 2686-6277. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/seej/article/view/3979>. Date accessed: 29 mar. 2025. doi: https://doi.org/10.32424/seej.v3i1.3979.
Section
Articles