PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI

Main Article Content

Ellaa Restiyana Putri Supri Wahyudi Utomo Liana Vivin Wihartanti

Abstract

Pada dunia pendidikan saat ini pendidikan karakter dan motivasi belajar merupakan hal penting dalam pembelajaran. Pendidikan karakter bertujuan untuk memecahkan masalah yang terkait dengan kemerosotan akhlaq peserta didik. Pengoptimalan pendidikan  karakter perlu ada dilingkungan sekolah untuk menumbuhkan motivasi serta kebiasaan sikap dan perilaku yang baik  berakhlak mulia dalam diri peserta didik. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pendidikan karakter dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XII IPS MAN 1 Kabupaten Madiun baik secara parsial maupun secara simultan. Jenis penelitian menggunakan penelitian kuantitatif Penelitian ini Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS MAN 1 Madiun yaitu dari 2 kelas dengan jumlah 52 siswa. Penelitian ini menggunakan  sampel kelas XII IIS atau IPS 1 sebanyak 27 siswa dan kelas XII IIS atau IPS 2 sebanyak 25. Analisis data menggunakan regresi linier berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh positif pendidikan karakter terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XII IPS di MAN 1 Kabupaten Madiun. 2) Terdapat pengaruh positif motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XII IPS MAN 1 Kabupaten Madiun. 3) Terdapat pengaruh pendidikan karakter dan motivasi belajar simultan terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XII IPS MAN 1 Kabupaten Madiun.

Article Details

How to Cite
PUTRI, Ellaa Restiyana; UTOMO, Supri Wahyudi; WIHARTANTI, Liana Vivin. PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI. Soedirman Economics Education Journal, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 66-81, oct. 2020. ISSN 2686-6277. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/seej/article/view/3295>. Date accessed: 01 mar. 2021. doi: https://doi.org/10.32424/seej.v2i2.3295.
Section
Articles