HARMONISASI PROSES PEMBELAJARAN MELALUI TEORI KEPEMIMPINAN BERBASIS ASAH ASIH ASUH

Main Article Content

Aulia Lailatul Rachmawati Shinta Ratnawati

Abstract

Tingkat kualitas diri mahasiswa pada pembelajaran tidak terlepas dari pemilihan metode pembelajaran yang tepat. Sistem pembelajaran Student Center Learning merupakan sistem pembelajaran yang memusatkan pembelajaran pada mahasiswa. Metode window shopping ini merupakan salah satu metode pembelajaran yang masuk dalam pembelajaran Student Center Learning. Proses dimana dosen dan mahasiswa  belajar bersama dalam mengoptimalkan pengetahuan yang ter up-date. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari penerapan metode pembelajaran baru terhadap keberhasilan hasil belajar dan  tingkat hubungan dosen dengan mahasiswa dengan memasukan proses pengimplementasian metode pembelajaran window shopping teori kepemimpinan berbasis asah, asih, dan asuh. Metode penelitian ini merupakan studi deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik dalam pengumpulan data melalui (1) indepth interview (2) observasi. Analisis data menggunakan teori pembelajaran konstruksivisme. Pemilihan teori ini didasarkan atas obyek penelitian yaitu mahasiswa Program Studi Manajemen pada kelas Kewirausahaan 1 dan 2. Dari hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa melalui sinkronisasi antara metode, pembelajaran, dan harmonisasi menunjukkan hasil (1) pembelajaran berpusat pada mahasiswa mengoptimalkan pencapaian CPL; (2) Tercapainya harmonisasi antara dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran.

Article Details

How to Cite
RACHMAWATI, Aulia Lailatul; RATNAWATI, Shinta. HARMONISASI PROSES PEMBELAJARAN MELALUI TEORI KEPEMIMPINAN BERBASIS ASAH ASIH ASUH. Soedirman Economics Education Journal, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 34-45, oct. 2020. ISSN 2686-6277. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/seej/article/view/3145>. Date accessed: 01 mar. 2021. doi: https://doi.org/10.32424/seej.v2i2.3145.
Section
Articles