PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL DAN PEMBERIAN REWARD TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS XI IPS
Abstract
Hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di MAN 2 Banyumas belum optimal dikarenakan proses pembelajaran masih konvensional yang menyebabkan pembelajaran monoton tanpa melibatkan partisipasi siswa secara optimal saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar ekonomi antara pembelajaran menggunakan media audio visual dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar ekonomi antara pembelajaran dengan pemberian reward dibandingkan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 76 siswa yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan soal pre test dan post test. Uji analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji t independent sample test. Berdasarkan perhitungan menggunakan uji t diperokeh hasil thitung > ttabel sehingga kesimpulan dalam penelitian ini sebagai berikut : (1) Terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi antara pembelajaran menggunakan media audio visual dibandingkan dengan pembelajaran konvensional (2) Terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi antara pembelajaran dengan pemberian reward dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.