PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL DAN PEMBERIAN REWARD TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS XI IPS

Main Article Content

Agin Norma Triasih Jaryono Jaryono Suci Indriati

Abstract

Hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di MAN 2 Banyumas belum optimal dikarenakan proses pembelajaran masih konvensional yang menyebabkan pembelajaran monoton tanpa melibatkan partisipasi siswa secara optimal saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar ekonomi antara pembelajaran menggunakan media audio visual dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar ekonomi antara pembelajaran dengan pemberian reward dibandingkan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 76 siswa yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan soal pre test dan post test. Uji analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji t independent sample test. Berdasarkan perhitungan menggunakan uji t diperokeh hasil thitung > ttabel sehingga kesimpulan dalam penelitian ini sebagai berikut : (1) Terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi antara pembelajaran menggunakan media audio visual dibandingkan dengan pembelajaran konvensional (2) Terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi antara pembelajaran dengan pemberian reward dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.  

Article Details

How to Cite
TRIASIH, Agin Norma; JARYONO, Jaryono; INDRIATI, Suci. PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL DAN PEMBERIAN REWARD TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS XI IPS. Soedirman Economics Education Journal, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 57-65, oct. 2020. ISSN 2686-6277. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/seej/article/view/3037>. Date accessed: 01 mar. 2021. doi: https://doi.org/10.32424/seej.v2i2.3037.
Section
Articles