PENGARUH POTENSI DIRI, LINGKUNGAN SEKOLAH DAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP MINAT SISWA MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI DI MAN 1 BANYUMAS

Main Article Content

Soli Solihat Titi Nurfitri Alisa Tri Nawarini

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh potensi diri, lingkungan sekolah dan tingkat pendidikan orang tua terhadap minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 1 Banyumas. Untuk menganalisis hipotesis menggunakanan anlisis regresi linier berganda. Kesimpulannya yaitu : 1. terdapat pengaruh positif potensi diri terhadap minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi; 2. terdapat pengaruh positif lingkungan sekolah terhadap minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi ; 3. tidak terdapat pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi.


 


Kata Kunci : Potensi diri, Lingkungan sekolah, Tingkat pendidikan orang tua, Minat, Perguruan Tinggi.

Article Details

How to Cite
SOLIHAT, Soli; NURFITRI, Titi; NAWARINI, Alisa Tri. PENGARUH POTENSI DIRI, LINGKUNGAN SEKOLAH DAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP MINAT SISWA MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI DI MAN 1 BANYUMAS. Soedirman Economics Education Journal, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 45-56, oct. 2020. ISSN 2686-6277. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/seej/article/view/3001>. Date accessed: 01 mar. 2021. doi: https://doi.org/10.32424/seej.v2i2.3001.
Section
Articles