Analisis Profesionalisme Guru Akuntansi dan Keuangan Lembaga Pada Pelaksanaan Kurikulum 2013 Di SMK Negeri Bringin

Main Article Content

Endar Dwi Wardana Supri Wahyudi Utomo Liana Vivin Wihartanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan tingkat profesionalisme guru akuntansi dan keuangan lembaga meliputi : a) kompetensi pedagogik; b) kompetensi kepribadian; c) kompetensi profesional, dan d) kompetensi sosial pada pelaksanaan kurikullum 2013 di SMK Negeri 1 Bringin. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 1 Bringin pada jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga, khususnya kepada guru produktif akuntansi dan keuangan lembaga sejumlah 4  orang. Akan tetapi salah seorang guru bertindak sebagai peneliti. Sehinggga dalam pelaksaan penelitian ini, aspek yang diteliti berjumlah tiga orang. Pemilihan sampel ini, dianggap peneliti telah mewakili seluruh aspek yang diharapkan oleh penulis. Penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti dalam hal ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan sudut padang secara perspektif dari pengamatan suatu fenomena sosial dan kemampuan untuk memahaminya. penelitian ini, peneliti langsung melakukan studi kelapangan,  wawancara, Dokumentasi guna memperoleh data yang relevan dengan subjek yang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kompetensi pedagogik guru berpengaruh positif terhadap efektivitas pembelajaran dengan latar belakang pendidikan sesuai maupun tidak sesuai, (2) Kompetensi kepribadian dalam pelaksanaannya, dituntut untuk menjunjung tinggi kode etik guru, (3) kompetensi guru dalam pengelolaan pembelajaran, strategi profesional guru dan evaluasi pembelajaran dapat meningkatkan mutu pendidikan, (4) kompetensi sosial dapat mempengaruhi profesionalitas bekerja.

Article Details

How to Cite
WARDANA, Endar Dwi; UTOMO, Supri Wahyudi; WIHARTANTI, Liana Vivin. Analisis Profesionalisme Guru Akuntansi dan Keuangan Lembaga Pada Pelaksanaan Kurikulum 2013 Di SMK Negeri Bringin. Soedirman Economics Education Journal, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 35-54, apr. 2020. ISSN 2686-6277. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/seej/article/view/2188>. Date accessed: 11 aug. 2020. doi: https://doi.org/10.32424/seej.v2i1.2188.
Section
Articles