Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar IPS Kelas VIII

  • Dwi Niti Wuriasih Universitas Jenderal Soedirman
  • Haryadi Haryadi Universitas Jenderal Soedirman
  • Jaryono Jaryono Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimental murni dengan lokasi penelitian dalam bentuk Sekolah Menengah Umum Sumbang 2 "Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Ilmu Sosial Hasil Kelas VIII SMP Negeri 2 memberikan kontribusi terhadap Tahun Akademik 2018/2019 ". Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) perbedaan hasil belajar kognitif antara model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan model pembelajaran konvensional, (2) perbedaan hasil belajar afektif antara model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan model pembelajaran konvensional, (3) perbedaan psikomotor hasil belajar antara model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan model pembelajaran konvensional, (4) perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan model pembelajaran konvensional.

Published
2019-10-18
How to Cite
WURIASIH, Dwi Niti; HARYADI, Haryadi; JARYONO, Jaryono. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar IPS Kelas VIII. Soedirman Economics Education Journal, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 18-27, oct. 2019. ISSN 2686-6277. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/seej/article/view/1879>. Date accessed: 01 may 2024. doi: https://doi.org/10.32424/seej.v1i1.1879.
Section
Articles