Penyuluhan pentingnya berjalan kaki bagi peningkatan kebugaran siswa SMPIT Harapan Bunda Purwokerto di masa pandemi

  • Wiwiek Fatchurohmah Universitas Jenderal Soedirman
  • Mukhtar Effendi Universitas Jenderal Soedirman
  • Khusnul Muflikhah Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Kebugaran fisik adalah kemampuan tubuh untuk menjalankan aktifitas sehari-hari tanpa mengalami kelelahan. Di masa pandemi, dimana diterapkan sistem pembelajaran jarak jauh, terdapat masalah penurunan kebugaran fisik pada banyak siswa SMPIT Harapan Bunda Purwokerto yang ditandai dengan siswa mengeluh cepat lelah. Tujuan dari kegiatan penyuluhan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran siswa dan guru akan pentingnya menjaga kebugaran fisik sekaligus mengenalkan teknik berjalan kaki yang dapat dilakukan di dalam rumah selama masa pandemi. Kegiatan ini dilaksanakan dalam 3 tahapan yaitu persiapan, penyuluhan dengan metode ceramah dan praktek, serta pendampingan. Sebanyak 51 peserta hadir yang merupakan perwakilan dari siswa dan guru. Hasil penilaian pengetahuan didapatkan peningkatan sebesar 5,2% dan hasil uji statistik menunjukkan perbedaan bermakna (p≤0,05). Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa siswa mengalami peningkatan pengetahuan setelah mengikuti kegiatan penyuluhan.

Published
2023-01-09
How to Cite
FATCHUROHMAH, Wiwiek; EFFENDI, Mukhtar; MUFLIKHAH, Khusnul. Penyuluhan pentingnya berjalan kaki bagi peningkatan kebugaran siswa SMPIT Harapan Bunda Purwokerto di masa pandemi. Jurnal Serambi Abdimas, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 136-138, jan. 2023. ISSN 2723-4738. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/sa/article/view/4867>. Date accessed: 23 feb. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.sa.2022.3.2.4867.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.