EFEKTIVITAS CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILIY (CSR) PT PERTAMINA DALAM PERSPEKTIF PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI KABUPATEN CILACAP

Main Article Content

Testyana Intani Slamet Rosyadi Swastha Dharma

Abstract

Penelitian fokus pada tiga aspek pemberdayaan yaitu enabling, empowerment, dan protecting. Metode yang digunakan dalam penelitian kualitatif. Informan penelitian ini terdiri dari unsur PT. Pertamina dan kelompok masyarakat penerima CSR. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif. Hasil penelitian diketahui kemitraan yang terjalin antara Posyandu Puspa Ayu 14 dengan pertamina melalui Program CSR nya sudah mampu memberikan hasil nyata bagi masyarakat sekitar. Pada tahap awal bantuan yang diterima memperbaiki gedung posyandu dan lambat laun terus berkembang. Posyandu Puspa Ayu yang sebelumnya merupakan posyandu biasa, kini sudah menjadi Posyandu Model yang telah mengintegrasikan beberapa kegiatan posyandu seperti Pos Paud, BKB, PHBS dan juga layanan kesehatan. Kegiatan Posyandu Puspa Ayu 14 dari tahun ke tahun terus bertambah dan variatif, hal ini tidka terlepas dari dukungan Program CSR yang telah diterima dari PT. Pertamina UP IV Cilacap. Bantuan yang diberikan lebih bersifat stimulan dan Posyandu Puspa Ayu 14 sudah mampu memberdayakannya, sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anggota. Perkembangan Posyandu Puspa Ayu yang terus meningkat membuat posyandu ini terpilih menjadi yang terbaik tingkat Kabupaten. Hal inipun direspon oleh Pertamina dengan terus memberikan dukungan dana dan pengembangan SDM. Bantuan promosi pun telah diberikan untuk Posyandu Puspa Ayu 14 dengan mengikutsertakan poduk olahan jamur dalam pameran di tingkat regional maupun nasional. Upaya ini merupakan salah satu bentuk perlindungan kegiatan agar dapat terus eksis, sehingga bantuan yang diberikan tidak hanya modal tetapi juga pemasaran yang seringkali menjadi kendala bagi usaha kecil menengah.


Kata kunci : enabling, empowerment, dan protecting.

Article Details

How to Cite
INTANI, Testyana; ROSYADI, Slamet; DHARMA, Swastha. EFEKTIVITAS CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILIY (CSR) PT PERTAMINA DALAM PERSPEKTIF PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI KABUPATEN CILACAP. Public Policy and Management Inquiry, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 53-62, aug. 2016. ISSN 2714-626X. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/ppmi/article/view/1731>. Date accessed: 14 july 2020.
Section
Articles