Pengaruh Kepercayaan, Kegunaan, Kemudahan, Privacy Risk, Time Risk, dan Financial Risk terhadap Minat Penggunaan Mobile Banking Bank Muamalat

Main Article Content

Cita Melasari Agus Suroso Ade Banani

Abstract

Perkembangan teknologi informasi saat ini sangat diperlukan oleh sektor perbankan untuk memudahkan nasabah dalam bertransaksi. Di tengah persaingan bisnis yang sangat ketat, Bank Muamalat hadir memberikan layanan electronic channel, salah satunya yaitu mobile banking yang merupakan aplikasi inovatif terkini serta dapat memberikan keuntungan bagi nasabah dan pihak bank. Metode penelitian yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah purposive sampling, yakni dilakukan dengan mengambil sampel dari populasi berdasarkan kriteria tertentu, dalam hal ini kriterianya adalah nasabah yang telah mengunduh aplikasi mobile banking Bank Muamalat. Adapun metode analisis yang digunakan adalah analisis faktor dan untuk pengujian hipotesisnya menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa variabel kepercayaan, kegunaan, kemudahan, privacy risk , time risk, dan financial risk berpengaruh terhadap minat penggunaan mobile banking. Variabel kepercayaan, kegunaan, kemudahan, dan time risk berpengaruh parsial terhadap penggunaan mobile banking Bank Muamalat, sedangkan privacy risk dan financial risk tidak berpengaruh terhadap minat penggunaan mobile banking Bank Muamalat. Hal tersebut mengartikan bahwa semakin tinggi privacy risk dan financial risk yang terjadi akibat kesalahan dalam penggunaan aplikasi mobile banking tidak mempengaruhi minat penggunaan. Implikasi penelitian ini adalah risiko menjadi salah satu faktor yang dipertimbangkan oleh nasabah dalam membuat keputusan apakah akan menggunakan mobile banking atau tidak. Semakin tinggi risiko, maka nasabah akan mengurungkan minatnya untuk menggunakan mobile banking.

Article Details

How to Cite
MELASARI, Cita; SUROSO, Agus; BANANI, Ade. Pengaruh Kepercayaan, Kegunaan, Kemudahan, Privacy Risk, Time Risk, dan Financial Risk terhadap Minat Penggunaan Mobile Banking Bank Muamalat. Performance, [S.l.], v. 25, n. 1, p. 11-23, jan. 2018. ISSN 2615-8094. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/performance/article/view/966>. Date accessed: 23 may 2018.
Section
Articles