Apakah Penciptaan Nilai pada Produk Penting? (Melalui Pendekatan Teori SDL)

Main Article Content

Larisa Pradisti Lusi Suwandari

Abstract

Salah satu premis dasar dalam Service Dominant Logic (SDL) menjelaskan bahwa nilai dapat ditentukan secara unik dan fenomenologis yang ditentukan oleh penerima manfaat. Maka perusahaan dapat memanfatkan kondisi tersebut untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Strategi yang dapat digunakan oleh perusahaan adalah dengan mengkasentuasikan pada nilai yang spesifik. Melalui penekanan nilai pada Inovasi produk baru, perusahaan dapat meningkatkan kinerja produknya yang pada akhirnya kinerja perusahaan yang diharapkan akan tercapai. Pengaksentuasian nilai pada produk baru merupakan strategi inovasi yang dapat dilakukan oleh perusahaan. Dalam syariah islam, bermuamalah / berbisnis haruslah sesuai dengan syariah. Proses pengembangan shariah value accentuation melibatkan kegiatan value creation yang berdampak postif terhadap kegiatan pemasaran. Penekanan pada penciptaan nilai – nilai tersebut sangat dibutuhkan dalam inovasi produk baru bagi UKM. Konten penelitian ini adalah pada UKM Makanan di Kabupaten Banyumas. Hasil penelitian menyebutkan bahwa Aksentuasi Nilai Syariah pada inovasi produk UKM itu penting, karena pada industry kecil menengah ternyata inovasi saja tidak cukup, tetapi harus ada “adding value” didalamnya. Dengan adanya penekanan nilai syariah pada produk – produk UKM, maka dapat diperoleh kinerja produk yang diharapkan oleh UKM.

Article Details

How to Cite
PRADISTI, Larisa; SUWANDARI, Lusi. Apakah Penciptaan Nilai pada Produk Penting? (Melalui Pendekatan Teori SDL). Performance: Jurnal Personalia, Financial, Operasional, Marketing dan Sistem Informasi, [S.l.], v. 29, n. 1, p. 01-12, jan. 2022. ISSN 2615-8094. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/performance/article/view/5378>. Date accessed: 29 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.32424/1.jp.2022.29.1.5378.
Section
Articles