Pengaruh lingkungan kerja, keterlibatan kerja, dan kohesivitas dalam kelompok kerja terhadap kinerja karyawan dengan kepuasan kerja sebagai variabel mediasi

Main Article Content

Eri Sulistyorini Sudarmi Sudarmi Eling Purwanto Jati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan kerja, keterlibatan kerja, dan keterpaduan dalam kelompok kerja terhadap kinerja karyawan dengan kepuasan kerja sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik saturation sampling. Sampel penelitian ini adalah 35 karyawan KPPN Purworejo, Jawa Tengah. Hasil analisis data menggunakan metode Partial Least Square (PLS) menunjukkan bahwa: 1) lingkungan kerja memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan, 2) keterlibatan kerja memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan, 3) kohesivitas kelompok memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan, 4) kohesivitas kelompok memiliki pengaruh positif yang ignifikan terhadap kinerja karyawan, 5) kepuasan kerja memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kinerja karyawan, 6) dan kohesivitas kelompok berpengaruh langsung terhadap kinerja karyawan. Selain itu, kohesivitas juga memiliki pengaruh tidak langsung terhadap kinerja yang dimediasi secara parsial oleh kepuasan kerja karyawan.

Article Details

How to Cite
SULISTYORINI, Eri; SUDARMI, Sudarmi; JATI, Eling Purwanto. Pengaruh lingkungan kerja, keterlibatan kerja, dan kohesivitas dalam kelompok kerja terhadap kinerja karyawan dengan kepuasan kerja sebagai variabel mediasi. Performance, [S.l.], v. 24, n. 1, p. 1-7, jan. 2017. ISSN 2615-8094. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/performance/article/view/311>. Date accessed: 20 june 2018. doi: https://doi.org/10.20884/1.performance.2017.24.1.311.
Section
Articles