KORELASI ANTARA TINGKAT STRES DENGAN KEJADIAN MUNCULNYA IDE BUNUH DIRI PADA PASIEN HUMAN IMMUNODEFFICIENCY VIRUS (HIV) POSITIF DI RSUD BANYUMAS

  • Nuraida Absharina Awanis Jenderal Soedirman University
  • Hilma Paramita universitas jenderal soedirman
  • Nurlaela Nurlaela universitas jenderal soedirman
  • wahyudin wahyudin universitas jenderal soedirman

Abstract

Kejadian bunuh diri di seluruh dunia mencapai jumlah 800.000 orang setiap tahunnya. Keinginan untuk bunuh diri dapat dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, diantaranya  yaitu  faktor  genetik,  biologis, psikososial, serta stresor lingkungan. Pasien HIV+ merupakan kelompok yang rentan memiliki ide bunuh diri karena berbagai permasalahan yang dihadapi mereka, baik dari faktor internal maupun eksternal berisiko memicu stres yang berkepanjangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara tingkat stres dengan kejadian munculnya ide bunuh diri pada pasien HIV+ di RSUD Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode analitik observasional dengan desain cross sectional. Consecutive sampling digunakan sebagai teknik sampling dengan jumlah sampel sebanyak 36 pasien HIV+. Tingkat stres diukur dengan kuesioner DASS42 (Depression, Anxiety, and Stress Scale 42) dan ide bunuh diri diukur menggunakan kuesioner BSSI (Beck Scale of Suicide Ideation). Uji Spearman digunakan untuk mencari korelasi antar variabel. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa tingkat stres responden secara umum berkategori normal. Tidak didapatkan adanya kemunculan ide bunuh diri pada pasien HIV+ di RSUD Banyumas. Korelasi tingkat stres dengan kemunculan ide bunuh diri yang diperoleh menggunakan uji spearman menunjukkan p value = 0,515 (p > 0,05) dan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,112 yang menunjukkan korelasi positif atau searah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak terdapat korelasi antara tingkat stres dengan kejadian munculnya ide bunuh diri pada pasien HIV+ di RSUD Banyumas.

Published
2022-08-30
How to Cite
AWANIS, Nuraida Absharina et al. KORELASI ANTARA TINGKAT STRES DENGAN KEJADIAN MUNCULNYA IDE BUNUH DIRI PADA PASIEN HUMAN IMMUNODEFFICIENCY VIRUS (HIV) POSITIF DI RSUD BANYUMAS. Medical and Health Journal, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 1-8, aug. 2022. ISSN 2807-3541. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/mhj/article/view/5822>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.mhj.2022.2.1.5822.
Section
Articles