PENGARUH PELATIHAN PENGEMBANGAN MEDIA PROMOSI KESEHATAN IBU HAMIL TERHADAP PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN PADA PETUGAS PENYULUH KESEHATAN DI KABUPATEN BANYUMAS

  • Elia Nur A'yunin Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) Jakarta

Abstract

Tingginya AKI secara tidak langsung dipengaruhi faktor edukasi pada ibu hamil. Edukasi pada ibu hamil erat kaitannya dengan kemampuan petugas penyuluh kesehatan dalam menjalankan tugasnya yaitu meracang media untuk penyebarluasan informasi. Untuk dapat meningkatkan kemampuan petugas penyuluh kesehatan maka diperlukan sebuah pelatihan pengembangan media promosi kesehatan ibu hamil dengan harapan dapat meningkatan pengetahuan dan keterampilan pembuatan media. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pelatihan pengembangan media promosi kesehatan ibu hamil terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan pada petugas penyuluh kesehatan di Kabupaten Banyumas. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan rancangan one group pretest and postest design. Sampel penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 32 orang. Analisis data yang digunakan adalah uji wilcoxcon. Hasil penelitian ini menunjukan pada perbandingan pretest dan postest I ada perbedaan yang signifikan pada pengetahuan kesehatan ibu hamil (P=0,003) dan keterampilan pembuatan media (P=0,000) dan pada perbandingan postest I dengan postest II menunjukkan ada perbedaan yang signifikan pada pengetahuan kesehatan ibu hamil (P=0,002) dan keterampilan pembuatan media (P=0,011). Dengan demikian pelatihan dapat disarankan untuk peningkatan pengetahuan dan keterampilan pada pembuatan media promosi kesehatan lainnya.

Published
2018-01-30
How to Cite
A'YUNIN, Elia Nur. PENGARUH PELATIHAN PENGEMBANGAN MEDIA PROMOSI KESEHATAN IBU HAMIL TERHADAP PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN PADA PETUGAS PENYULUH KESEHATAN DI KABUPATEN BANYUMAS. Kesmas Indonesia, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 1-12, jan. 2018. ISSN 2579-5414. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/kesmasindo/article/view/599>. Date accessed: 17 dec. 2018. doi: https://doi.org/10.20884/1.ki.2018.10.1.599.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.