THE EFFECTIVENESS OF COOKING CLASS METHODS FOR MOTHER TO PREVENT STUNTING IN JIPANG VILLAGE, KARANGLEWAS DISTRICT

  • Aina Shofi Salsabila Nur Amalia Jurusan Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan Universitas Jenderal Soedirman
  • Dwi Sarwani Sri Rejek Jurusan Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan Universitas Jenderal Soedirman
  • Ellin Novitha Sari Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan Universitas Jenderal Soedirman
  • Nadia Nurazizah Rachmani Jurusan Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan Universitas Jenderal Soedirman
  • Nanda Tri Rahmatika Universitas Jenderal Soedirman
  • Nida Fauziah Sudrajat Jurusan Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Desa Jipang merupakan salah satu desa di Wilayah Kerja Puskesmas Karanglewas dengan kasus stunting yang tinggi. Prevalensi kasus stunting di Desa Jipang adalah 35 kasus (16,13%) dari jumlah 217 balita. Faktor penyebab tingginya kasus stunting di Desa Jipang yaitu masih rendahnya pengetahuan dan keterampilan ibu dalam mengasuh balita. Banyak ibu-ibu yang belum mengetahui tentang pola asuh yang baik bagi anak, salah satunya dalam hal pemberian gizi yang bagi anak. Selain itu, terbatasnya media edukasi membuat masyarakat kurang mendapat informasi mengenai pola asuh yang baik bagi anak. Guna menekan bertambahnya jumlah kasus stunting, para ibu balita bisa ditingkatkan pengetahuan dan keterampilannya dalam memberikan pola asuh yang baik bagi balita. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu balita dalam memberikan pola asuh yang baik. Kegiatan ini terdiri dari: 1) Pembuatan buku resep makanan cegah stunting, 2) Pembuatan leaflet dan video edukasi, 3) Edukasi stunting dan gizi seimbang bagi ibu balita, 4) Kelas memasak, dan 5) Pendampingan bagi kader dan ibu balita. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu balita sebelum dan sesudah kegiatan. Adanya buku resep makanan cegah stunting sangat berguna bagi ibu balita dalam memberikan gizi yang baik bagi anak.


Kata Kunci: Stunting, Gizi Seimbang, Kelas Memasak

Published
2022-01-30
How to Cite
NUR AMALIA, Aina Shofi Salsabila et al. THE EFFECTIVENESS OF COOKING CLASS METHODS FOR MOTHER TO PREVENT STUNTING IN JIPANG VILLAGE, KARANGLEWAS DISTRICT. Kesmas Indonesia, [S.l.], v. 14, n. 1, p. 12-23, jan. 2022. ISSN 2579-5414. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/kesmasindo/article/view/4842>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.ki.2022.14.1.4842.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.