Template artikel jurnal kesmas Indonesia

 

JUDUL BAHASA INDONESIA

Judul ditulis dengan huruf pertama setiap kata ditulis kapital lalu seterusnya ditulis dengan huruf kecil, Font 12 Times New Roman Bold maksimal 20 kata diatur center/tengah dan bold

 

JUDUL BAHASA INGGRIS

Judul ditulis dengan huruf pertama setiap kata ditulis kapital lalu seterusnya ditulis dengan huruf kecil, Font 12 Times New Roman Bold maksimal 20 kata diatur center/tengah dan bold.

 

IDENTITAS PENULIS UTAMA DAN ANGGOTA

Nama lengkap penulis tanpa gelar1), nama lengkap penulis tanpa gelar2) dan seterusnya

Jurusan/ Program Studi/Fakultas semua penulis, tuliskan dengan lengkap nama institusi. Tuliskan dengan font times new roman 12 diatur center tengah, bold

Tuliskan alamat korespondensi penulis utama berupa e-mail dan No HP

 

ABSTRAK berbahasa indonesia

Pertumbuhan balita perlu dimonitor agar mengetahui status tumbuh kembang balita. Seringkali Buku KIA tidak dimanfaatkan dengan benar sehingga status pertumbuhan balita tidak diketahui. Tujuan penelitian adalah menilai status pertumbuhan balita menggunakan buku KIA. Jenis  penelitian adalah penelitian deskriptif melalui pendekatan Cross Sectional Study.  Teknik pengambilan sampel yaitu melalui consequtive Sampling. Sampel yang didapatkan yaitu  48 balita di Posyandu Watugede dan Posyandu Puspitasari Desa Kalibagor. Instrumen yang digunakan antara lain yaitu ceklist deteksi pertumbuhan dan perkembangan. Ceklist deteksi pertumbuhan dengan menggunakan Kartu Menuju Sehat (KMS) yang terdapat dalam buku KIA. Ceklist deteksi perkembangan dengan menggunakan rujukan tahap perkembangan yang ada di dalam buku KIA. Ada sebanyak 72% status pertumbuhan balita di Posyandu Watugede dan sebanyak 58,3% di Posyandu Puspitasari sesuai dengan kenaikan berat badan minimal sesuai buku KIA.  Sebanyak 91,7% status perkembangan balita di Posyandu Watugede dan 100% di Posyandu  Puspitasari termasuk dalam kategori perkembangan normal. Pemanfaatan buku KIA dalam upaya deteksi pertumbuhan dan perkembangan balita.

Kata Kunci : Buku KIA, Pertumbuhan, Perkembangan

ABSTRACT  berbahasa inggris

Jurnal Kesmas Indonesia merupakan jurnal yang memuat artikel ilmiah yang memiliki  di bidang kesehatan massyarakat.  Artikel yang dimuat adalah hasil penelitian yang belum pernah dimuat  dan merupakan hasil karya sendiri bukan plagiat. Artikel yang dimuat harus menyesuaikan gaya selingkung Jurnal Kesmas Indonesia. Abstrak berisi uraian singkat tentang latar belakang, tujuan penelitian, metode, hasil, dan kesimpulan dalam satu paragraf. Abstrak terdiri dari bahasa Inggris dan bahasa Indonesia tidak lebih dari 200 kata dengan menggunakan satu spasi.

Keywords: terdiri dari tiga sampai lima kata kunci atau frasa diurutkan menurut abjad dipisahkan dengan tanda koma

 

PENDAHULUAN

Tuliskan minimal 3 halaman, font TNR 12 spasi 1,5. Pendahuluan berisi latar belakang penelitian, tujuan penelitian, tuliskan urgensi penelitian dengan menampilkan ulasan hasil penelitian sebelumnya disarankan berasal dari jurnal penelitian baik referensi jurnal nasional maupun internasional.

 

METODE

 Tuliskan desain penelitian, tempat dan waktu penelitian. Uraikan dengan jelas populasi dan sampel, jenis dan cara pengumpulan data, pengolahan data dan analisis data. Tuliskan minimal 1 halaman, font TNR 12 spasi 1,5.

 

HASIL DAN PEMBAHASAN

Hasil penelitian langsung dibahas yang disajikan terkait dengan acuan dari referensi teori dan jurnal. Hasil dan Pembahasan dituliskan minimal 6 halaman. Font TNR dengan ukuran 12 serta spasi 1,5.Tabel dituliskan dalam format spasi 1 dan gunakan font TNR ukuran 10.  Jika penelitian kualitatif tuliskan hasil kuotasi secara miring dan center,  ukuran huruf 10 TNR dengan spasi 1.

 

SIMPULAN

Simpulan ditulis berupa paragraph dan tidak berupa enumeratif. Tuliskan saran jika ada serta buat secara ringkas dan lugas.

 

DAFTAR PUSTAKA

Rujukan ditulis dengan menggunakan system Harvard. Minimal referensi artikal yang diacu dari jurnal baik jurnal nasional dan internasional minimal 80% dari seluruh daftar pustaka. Rujukan yang digunakan maksimal 5 lima tahun terakhir dari tahun penerbitan.  Rujukan ditulis lengkap yang diacu pada artikel dan disarankan menggunakan aplikasi mendeley.