Pengaruh Pendidikan Kesehatan Insufficient Milk Supply dan Teknik Menyusui terhadap Pengetahuan Kader Kesehatan

  • Lutfatul Latifah Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Latar Belakang: Angka cakupan ASI eksklusif di Kabupaten Banyumas lebih rendah 11,17% dibandingkan dengan cakupan provinsi Jawa Tengah. Faktor yang mempengaruhi ibu untuk menghentikan menyusui eksklusif adalah persepsi produksi ASI kurang dan kesulitan dengan teknik menyusui. Kader kesehatan mempunyai peranan yang penting dalam memperbaiki persepsi produksi ASI kurang dan teknik menyusui sehingga diperlukan pendidikan kesehatan untuk meningkatkan pemahaman tentang produksi ASI kurang dan teknik menyusui yang benar.


Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan Insufficient Milk Supply dan teknik menyusui terhadap pengetahuan kader kesehatan tentang produksi ASI kurang dan teknik menyusui yang benar.


Metode: Penelitian ini menggunakan rancangan pre-experimental one group only. Penelitian dilaksanakan di Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah pada Mei 2017. Populasi penelitian ini adalah ibu-ibu kader kesehatan, dengan jumlah sampel 38 responden. Pengambilan data menggunakan kuesioner dan analisis data  dengan Wilcoxon karena data tidak terdistribusi normal.  


Hasil: Karakteristik responden mayoritas berusia 20-35 tahun (47,4%), multipara(68.4%), dan tingkat pendidikan SMA (36,8%)Uji normalitas data menggunakan Shapiro-Wilk. Skor pre test terdistribusi normal (p < 0.05), sementara skor post test terdistribusi tidak normal (p > 0.05). Perbedaan skor pre test dan post test diuji menggunakan Wilcoxon. Terdapat perbedaan yang signifikan antara skor pre test dan post test (Z = -5.192, p < 0.001).


Kesimpulan: Pendidikan kesehatan dapat meningkatkan pengetahuan ibu-ibu kader kesehatan tentang produksi ASI kurang dan teknik menyusui yang benar di Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas.

Published
2018-01-30
How to Cite
LATIFAH, Lutfatul. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Insufficient Milk Supply dan Teknik Menyusui terhadap Pengetahuan Kader Kesehatan. Kesmas Indonesia, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 68-76, jan. 2018. ISSN 2579-5414. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/kesmasindo/article/view/418>. Date accessed: 19 june 2018. doi: https://doi.org/10.20884/1.ki.2018.10.1.418.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.