PENGUATAN KEMITRAAN DAN ADVOKASI KEWIRAUSAHAAN PADA PEDAGANG KECIL BERBASIS SAFETY BEHAVIOR AND MANAGEMENT APPROACH DI PURWOKERTO UTARA KABUPATEN BANYUMAS

  • Suryanto suryanto Jurusan Kesehatan Masyarakat Fikes Unsoed
  • Ekaningtyas Widiastuti
  • Heryanto Heryanto

Abstract

Latar belakang: Pedagang kecil merupakan penggerak lajunya perekonomian masyarakat. Produktitivitas setiap harinya tidak menentu sehingga berdampak pada penurunan pendapatan. Pedagang kecil di Purwokerto Utara memiliki beban kerja yang berat, waktu kerja yang lama, tidak memperhatikan perilaku kerja yang aman (safety behavior) dan bekerja dengan tidak terorganisir. Hal ini menjadi kendala dalam upaya meningkatkan produktivitas dan pendapatannya. Upaya untuk peningkatan produktivitas dan pendapatan dapat  dilakukan dengan program kemitraan dan advokasi melalui pendekatan safety behavior and management approach. Tujuan penelitianadalah Pedagang kecil mampu menerapkan Safety Behavior dan prinsip-prinsip kewirausahaan sebagai upaya untuk meningkatkan produktivitas dan pengembangan organisasi paguyuban pedagang kecil di Purwokerto Utara. Metode : Penelitian ini menggunakan teknik pre and post test design pada kelompok pedagang kecil di sekitar kampus Unsoed.  Populasi adalah para pedagang kecil yang membuka usaha di sekitar kampus Unsoed di 4 Kelurahan yaitu Grendeng, Karangwangkal, Pabuaran dan Sumampir. Sampel dipilih dengan teknik purposive sampling, jumlah sampel 40 orang. Tim peneliti mengidentifikasi masalah usaha dan melakukan transfer of knowlegde. Evaluasi dilakukan dengan instrumen kuesioner pre dan pos-training. Analisis data menggunakan uji paired t test.

Published
2019-01-30
How to Cite
SURYANTO, Suryanto; WIDIASTUTI, Ekaningtyas; HERYANTO, Heryanto. PENGUATAN KEMITRAAN DAN ADVOKASI KEWIRAUSAHAAN PADA PEDAGANG KECIL BERBASIS SAFETY BEHAVIOR AND MANAGEMENT APPROACH DI PURWOKERTO UTARA KABUPATEN BANYUMAS. Kesmas Indonesia, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 55-64, jan. 2019. ISSN 2579-5414. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/kesmasindo/article/view/1456>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.ki.2019.11.1.1456.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.