Kemampuan Guru Dalam Menyusun E-Modul Mata Pelajaran Sosiologi

Studi Hambatan Dalam Penyusunan E-Modul Mata Pelajaran Sosiologi Di Kabupaten Cilacap

  • Slamet Triyono SMA Negeri 1 Cilacap

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan-hambatan yang dialami guru sosiologi di Kabupaten Cilacap dalam menyusun E-modul. Responden 36 guru sosiologi di Kabupaten Cilacap baik mengajar di sekolah negeri maupun swasta. Data diperoleh melalui angket dan wawancara serta observasi untuk melihat kondisi di lapangan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Keikutsertaan guru sosiologi di kabupaten Cilacap dalam pendidikan dan latihan dalam kategori sedang. 2. Kemampuan guru sosiologi dalam bidang teknologi informasi dalam kategori sedang. 3. Tidak semua guru sosiologi mengajar secara linier. 4. Beban mengajar guru dalam kategori sedang, namun masih ditambah tugas-tugas tambahan yang lain. 5. Perlunya penghargaan kepada guru-guru yang memiliki prestasi. Ketidakmampuan menyusun E-modul diakibatkan karena kemampuan-kemampuan yang dimiliki guru untuk menyusun E-modul tidak maksimal.

Published
2019-12-14
How to Cite
TRIYONO, Slamet. Kemampuan Guru Dalam Menyusun E-Modul Mata Pelajaran Sosiologi. JUSS (Jurnal Sosial Soedirman), [S.l.], v. 3, n. 2, p. 1-15, dec. 2019. ISSN 2581-0316. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/juss/article/view/2278>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/juss.v3i2.2278.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.