Citra Perempuan dan Ketidakadilan Gender Pada Novel Kerumunan Terakhir Karya Okky Madasari dan Relevansinya dalam Pembelajaran Sastra di SMA

  • Via Savitri Arsel Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Penelitian ini berjudul “Citra Perempuan dan Ketidakadilan Gender pada Novel Kerumunan Terakhir Karya Karya Okky Madasari dan Relevansinya dalam Pembelajaran Sastra di SMA”. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) Perwujudan citra perempuan dalam novel Kerumunan Terakhir Karya Okky Madasari. (2) Bentuk ketidakadilan gender dalam novel Kerumunan Terakhir Karya Okky Madasari. (3) Relevansi hasil penelitian tentang citra perempuan dan ketidakadilan gender dalam pembelajaran sastra di Sekolah Menegah Atas (SMA) kelas XII. Bentuk penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik baca dan catat. Metode analisis data yang digunakan yaitu metode pembacaan heuristik dan hermeneutik. Hasil penelitian mengenai citra perempuan dan ketidakadilan gender dalam novel Kerumunan Terakhir karya Okky Madasari menunjukkan bahwa terdapat citra perempuan dalam dalam novel Kerumunan Terakhir karya Okky Madasari meliputi aspek fisik berjumlah 4 data, aspek psikis berjumlah 7 data, citra perempuan dalam keluargaberjumlah 8 data, dan citra perempuan dalam masyarakat berjumlah 5 data. Bentuk ketidakadilan gender yaitu marginalisasi berjumlah 2 data, subordinasi berjumlah 4 data, stereotipe berjumlah 3 data, beban kerja berjumlah 3 data, dan kekerasan berjumlah 4 data. Relevansi hasil penelitian mengenai citra perempuan dan ketidakadilan gender dapat digunakan dalam pembelajaran sastra di SMA kelas XII dengan Kompetensi Dasar (KD) 3.9 Menganalisis isi dan kebahasaan novel.

Published
2022-06-30
How to Cite
ARSEL, Via Savitri. Citra Perempuan dan Ketidakadilan Gender Pada Novel Kerumunan Terakhir Karya Okky Madasari dan Relevansinya dalam Pembelajaran Sastra di SMA. Prawara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 53-68, june 2022. ISSN 2746-7139. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jpbsi/article/view/4903>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.jpbsi.2022.3.1.4903.
Section
Articles