Peranan Guru dan Orang Tua dalam Mendukung Pembelajaran Daring

  • Firza Dinar Pridantara Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed
  • Nuryanti Nuryanti Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed
  • Sri Pangestuti Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed
  • Ch Herutomo Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed

Abstract

Dampak dari adanya Pandemi Covid-19 berbagai negara harus menerapkan pembelajaran dirumah agar kegiatan Belajar dan mengajar terus berjalan meskipun dalam keadaan yang sulit. Pembelajaran daring juga membutuhkan peran guru sekaligus orang tua untuk mendidik, mengawasi, dan mendukung pembelajaran anak. Penelitian ini bertujuan Untuk mendeskripsikan peran guru dan orang tua dalam mendukung pembelajaran daring murid TK Pertiwi II Sumampir. Penelitian ini menggunakan teori belajar konstruktivisme. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukan Peran guru dalam pembelajaran yang paling terlihat adalah guru sebagai konseptor, guru sebagai fasilitator dan mediator, dan guru sebagai motivator. Peranan orang tua dalam pembelajaran daring antara lain yaitu sebagai motivator, sebagai pendidik, dan juga sebagai fasilitator. Tantangan yang dihadapi oleh guru yaitu dengan kurangnya keaktifan orang tua dan juga keterbatasan alat elektronik atau smartphone yang menjadi tantangan tersendiri bagi guru dalam hal komunikasi dan informasi. Hambatan yang dialami oleh guru sendiri antara lain ialah keterbatasan jaringan, koneksi internet, dan kurangnya keaktifan orang tua karena sibuk bekerja. Tantangan yang dialami orang tua yaitu sulitnya membagi waktu bagi orang tua yang memiliki kesibukan bekerja, dan mengikuti mood anak agar bisa belajar dengan efektif.

Author Biographies

Firza Dinar Pridantara, Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed

Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed

Nuryanti Nuryanti, Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed

Dosen Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed

Sri Pangestuti, Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed

Dosen Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed

Ch Herutomo, Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed

Dosen Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed

References

Abbas, E. W. (2019). Managing Information System By Integrating Information System Success Model
And The Unified Theory Of Acceptance And Usage Of Technology. Polish Journal Of Management Studies. 20(1), 192-201. https://pjms.zim.pcz.pl/resources/html/article/det
Abbas, E. W. (2020). Menulis di Era Covid-19: Memanage Trauma Psikologis Menghindari Psikosomatis
Abdullah, R. (2016). Pembelajaran dalam perspektif kreativitas guru dalam pemanfaatan media pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35–49. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866
Afifah, N. (2017). Reward dan Punishment bagi Pengembangan Kecerdasan Emosional Anak Usia MI. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 4(2), 212-227. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/169..
Arora, A. K., & Srinivasan, R. (2020). Impact of pandemic COVID-19 on the teaching – learning process: A study of higher education teachers. Prabadhan: Indian Journal of Management, 13(4). https://doi.org/10.17010/pijom/2020/v13i4/151825
Darling-Hammond, L. & Bransford, J. (2005). Preparing Teachers for Changing World What Teachers Should Learn and Be Able To Do. USA: Jossey-Bass
Ernata, Y. (2017). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Pemberian Reward Dan Punishment Di Sdn Ngaringan 05 Kec.Gandusari Kab.Blitar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 781. https://doi.org/10.22219/jp2sd.vol5.no2.781-790
Mutiah, D. (2012). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana
Rusydiyah, E.V., Purwati, E., & Prabowo, A. (2020). How to Use Digital Literacy as a Learning Resource for Teacher Candidates in Indonesia. Cakrawala Pendidikan,39(2),305-318. https://doi.org/10.21831/cp.v39i2.30551
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.
Sukitman, T., Yazid, A., & Mas' odi, M. (2020,September).Peran Guru Pada Masa Pandemi Covid-19.In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi http://research-report.umm.ac.id/index.php/psnpb/article/view/3655/0
Tempo.Co, (4 Januari 2021), Jawa Tengah Batal Sekolah Tatap Muka Januari Ini, Ganjar: Tunda Semuanya, Diakses pada 15 April 2021, https://tekno.tempo.co/read/1419825/jawa-tengah-batal-sekolah-tatap-muka-januari-ini-ganjar-tunda-semuanya
WHO., (2010). The World Health Report 2010.
https://covid19.go.id/tanyajawab?search=Apa%20yang%20dimaksud%20dengan%20pandemi Akses 18 oktober 2020
Wulandari, M. & Almenda, T. (2020). Technology for English Language Learning. Yokyakarta : Universitas Sanata Darma press
Zein, M. (2016). Peran Guru dalam Pengembangan Pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidika,5(2), 274-285. https://doi.org/10.24252/ip.v5i2.3480
Published
2021-12-12
How to Cite
PRIDANTARA, Firza Dinar et al. Peranan Guru dan Orang Tua dalam Mendukung Pembelajaran Daring. JOMIK : Jurnal Online Mahasiswa Ilmu Komunikasi (ISSN 2797-1023), [S.l.], v. 1, n. 02, p. 33 - 42, dec. 2021. ISSN 2797-1023. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jomik/article/view/7689>. Date accessed: 03 may 2024. doi: https://doi.org/10.20884/jomik.v1i02.7689.