Interaksi Simbolik Social Climbing dalam Pembentukan Gaya Hidup Brand Minded pada Konsumen Brand Fast Fashion

  • Dian Ayu Komala Universitas Jenderal Soedirman
  • Wisnu Widjanarko Dosen Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed
  • Mite Setiansah Dosen Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed

Abstract

Fenomena social climbing atau yang biasa disebut sebagai panjat sosial semakin marak di kalangan masyarakat khususnya pada usia remaja. Social climbing dalam hal ini berguna untuk meraih status atau tingkatan tertinggi di mata orang lain untuk mendapatkan suatu penghargaan. Para social climber menciptakan dunianya sendiri yang meliputi struktur sosial beserta simbol-simbol komunikasi yang dipakai. Perkembangan budaya di kota Purwokerto dan banyaknya mahasiswi luar kota menjadikan adanya tren baru dalam dunia fashion yaitu orientasi brand minded dengan menggunakan brand fast fashion. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana interaksi simbolik seorang social climber yang kemudian membentuk konsep diri melalui interaksi dan simbol-simbol yang meliputi pemaknaan social climber melalui simbol produk branded yang digunakan oleh mahasiswa di Purwokerto dan konsep diri atas gaya hidup  yang dihasilkan oleh perilaku social climber di kalangan mahasiswi di Purwokerto. Penelitian ini menggunakan perspektif kualitatif dengan paradigma konstruktivistik. Teori Interaksi Simbolik dalam penelitian ini berguna untuk mengetahui simbol interaksi barang branded fast fashion yang digunakan kaum social climber yang mana mahasiswi Purwokerto melalui makna penggunaan dan konsep dirinya. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa brand fast fashion memiliki brand image eksklusif dan papan atas sehingga penggunanya menggunakan brand fast fashion karena ingin terlihat keren dan terdapat rasa puas dan bangga karena terlihat lebih kaya. Selain itu konsep diri yang ditujukan para kaum social climber melalui brand fast fashion adalah ingin dilihat keren, fashionable dan stylish. Sisi eksklusif brand fast fashion dianggap sebagai suatu kemewahan sehingga pengguna brand fast fashion ingin memiliki konsep diri sebagaimana brand image produk yang dia pakai.

Author Biographies

Wisnu Widjanarko, Dosen Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed

Dosen Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed

Mite Setiansah, Dosen Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed

Dosen Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed

References

Alvita, & Anindhita, W. (2018). Dramaturgi Dibalik Kehidupan Social Climber. Jurnal Komunikasi dan Bisnis, 6(1), 1-10.
Ardianto, E., & Q-Anees, B. (2014). Filsafat Ilmu Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Basir, M. (2016). Bangsawan Dalam Pilkada. Makassar.
Griffin, E. (2012). A First Look At Communication Theory. New York: McGraw-Hill.
Hidayat, D. N. (2013). Paradigma dan Metodologi Penelitian Sosial Empirik Klasik. Jakarta: Departemen Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Indonesia.
Hines, P., & Taylor, D. (2001). Going Lean: A Guide to Implementation. Cardiff Business School.
Industry Ranking. (2018, November 21). Retrieved from http://www.fastretailing.com Pangkalan Data Perguruan Tinggi. (2020). Retrieved from
https://pddikti.kemdikbud.go.id/data_pt/NTZENkQ5QzYtQjE2RC00NzQ0LUFCQTQtMkJGRkEyN TM1OUMy.
Jayanti, N. A. (2015). Komunikasi Kelompok "Social Climber" Pada Kelompok Pergaulan di Surabaya Town Square (Sutos). Jurnal E-Komunikasi, 3(2), 2-12.
Kuswarno, E. (2009). Metedologi Penelitian Komunikasi Fenomenologi, Konsepsi, Pedoman dan Contoh Penelitian. Bandung: Widya Padjajaran.
Levy, & Weitz. (2008). Retailing Management. New York: McGraw Hill Irwin.
Mahyuddin. (2017, Juli-Desember). Social Climber dan Budaya Pamer: Paradoks Gaya Hidup Masyarakat Kontemporer. Jurnal Kajian Islam Interdisipliner, 2(2), 117-135.
Mangkunegara, A. P. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
McNeal, J. U. (2007). On Becoming A Consumer. Elsevier: USA.
Miles, B., & Huberman, A. M. (1992). Analisa Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.
Muazimah, A. (2020, Desember). Pengaruh Fast Fashion Terhadap Budaya Konsumerisme dan Kerusakan Lingkungan di Indonesia. JOM Fisip, 7, 1-15.
Narwoko, D. J., & Suyanto, B. (2011). Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan (4th ed.). Jakarta: Kencana.
Nurohman. (2015). Pengaruh Gaya Hidup Brand Minded Terhadap Keputusan Membeli Smartphone Samsung. Skripsi.
Patricia, N. L., & Handayani, S. (2014). Pengaruh Gaya Hidup Hedonis Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Pramugari Maskapai Penerbangan "X". Jurnal Psikologi, 12(1), 10-17.
Pratama, M. E. (2020, Juni). Menjamurnya Industri Fast Fashion di Negara Berkembang Meskipun Menimbulkan Berbagai Dampak Negatif. 1-6. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/342513032_
Riadhah, C. A., & Rachmatan, R. (2016, Desember). Perbedaan Konsumsi Hedonis Pada Mahasiswa Universitas Syiah Kuala Ditinjau dari Jenis Kelamin dan Asal Fakultas. Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(2), 179-190.
Ritzer, G. (2012). Teori Sosiologi (8th ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sirgy, M. (1982). Self Concept in Consumer Behaviour: A Critical Review. J Consum Res, 9(3), 287-300.
Sobur, A. (2012). Semiotika Komunikasi : Analisis Teks Media Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Soeprapto, R. (2002). Interaksi Simbolik,Perspektif Sosiologi Modern. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suardeyasasri. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV Alfabeta.
Sukandarrumidi. (2012). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pers UGM.
Wahidah, N., & Herkulana, A. (2013). Pengaruh Perilaku Konsumtif Terhadap Gaya Hidup Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNTAN. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 3(2), 1-12.
West, R., & Lynn, T. H. (2017). Pengantar Teori Komunikasi, Analisis dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika.
W. N. Fajri (Interviewer). (2019). Berapa Harga Outfit Anak Unsoed?. https://www.youtube.com/watch?v=ohqDjCk79H0&t=942s.
Published
2021-12-07
How to Cite
KOMALA, Dian Ayu; WIDJANARKO, Wisnu; SETIANSAH, Mite. Interaksi Simbolik Social Climbing dalam Pembentukan Gaya Hidup Brand Minded pada Konsumen Brand Fast Fashion. JOMIK : Jurnal Online Mahasiswa Ilmu Komunikasi (ISSN 2797-1023), [S.l.], v. 1, n. 02, p. 1 - 9, dec. 2021. ISSN 2797-1023. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jomik/article/view/4719>. Date accessed: 03 may 2024. doi: https://doi.org/10.20884/jomik.v1i01.4719.