Konstruksi Makna Media Sosial Zenly bagi Generasi Z

  • Aulia Sakina Nur Anisa Putri Fisip Unsoed
  • Edi Santoso Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed
  • Tri Nugroho Adi Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed

Abstract

Media Sosial Zenly merupakan Media Sosial pelacak yang diluncurkan pada 2016 silam dan menjadi Media Sosial yang banyak dipakai oleh Generasi Z, khususnya murid yang masih berada di bangku sekolah. Media Sosial Zenly memiliki pro-kontra dimana Zenly dianggap sebagai media sosial yang berbahaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan, motif, dan sejauh mana penggunaan Media Sosial Zenly dikalangan Generasi Z. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan studi Fenomenologi Alfred Schutz untuk meneliti sebuah tindakan, motif, dan makna. Subjek penelitian difokuskan untuk meneliti pengalaman serta pengetahuan mengenai Media Sosial Zenly dikalangan Generasi Z yang berumur 15-18 tahun. Pengumpulan data dapat diperoleh dari informan yang telah dipilih dengan menggunakan teknik Purposive Sampling berdasarkan kriteria yang telah dibuat. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi dengan  etnografi virtual. Hasil penelitian Generasi Z dalam memaknai Media Sosial Zenly  oleh Generasi Z berasal dari beberapa katagori trending, ikut-ikutan teman, dan manfaat dari Media Sosial.

References

Achmad, Z A., & Ida, R. (2018). Etnografi Virtual Sebagai Teknik Pengumpulan Data dan Metode Penelitian. The Journal of Society & Media, 2(2), 130-145. http://dx.doi.org/10.26740/jsm.v2n2.p130-145
Afdjani, H., & Soemirat, S. (2010). Makna Iklan Minuman di Televisi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1), 58-65. https://doi.org/10.31315/jik.v8i1.69
Ahmadi, A. (2009). Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.
Astuti, Y. D. (2015). Dari Simulasi Realitas Sosial Hingga Hiper Realitas Visual: Tinjauan Komunikasi Virtual Melalui Sosial Media di Cyberspace. Jurnal Komunikasi Profetik, 8(2),15-26.
Badri, M., Alnuaimi, A., Al Rashedi, A., Al Rashedi, A., Yang, G &  Temsah, K. (2017). School children’s use of digital devices, social media and parental knowledge and involvement – the case of Abu Dhabi. Education and Information Technologies, 22, 2645–2664. https://doi.org/10.1007/s10639-016-9557-y
Denzin, N.K., & Lincoln. Y.S. (2009). Handbook of Qualitative Research. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Fitrianindita, H. (2018, december 3). Zenly: Aplikasi Pelacak Lokasi Secara Real Time. Retrieved from teknologi.id: from https://teknologi.id/publik/zenly-aplikasi-pelacak-lokasi-secara-real-time/

Griffin, E. (2004). A First Look at Communication Theory. New York: McGraw Hill.
Krisnawati, E. (2016). Mempertanyakan Privasi di Era Selebgram: Masih Adakah?. Jurnal Ilmu Komunikasi,13(2), 179-200. https://doi.org/10.24002/jik.v13i2.682
Kuswarno, E. (2009). Fenomenologi : Konsepsi, Pedoman, dan Contoh Penelitian. Bandung: Widya Padjadjaran
Leftler, N.L., & Barak, A. (2012). Effects of anonymity, invisibility, and lack of eye-contact on toxic online disinhibition. Computers in Human Behavior, 28(2), 434-443. https://doi.org/10.1016/j.chb.2011.10.014
MOSG Team. (2019, February 24). We Tried Out An App Thats Lets Us Track Friends 24/7 And I'ts Ridiculously Creepy. Retrieved from MillenialsofSG: https://millennialsofsg.com/2019/02/24/app-track-friends-ridiculously-creepy/
Mubarok., & Andjani, M.D (2014). Komunikasi Antarpribadi: dalam masyarakat majemuk. Jakarta Timur: Dapur Buku.
Nasrullah, R. (2014). Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Jakarta: Kencana.
Prilaksono, F. (2019, July 3). Review Aplikasi Zenly: Cara Melacak Anak Lewat Nomer HP. Retrieved from Woop.id: https://woop.id/love/review-aplikasi-zenly-cara-melacak-no-hp-jxmzr0jq/full
Putra, Y. S. (2017). Therotical Review: Teori Perbedaan Generasi. Among Makarti, 9(2),123-134.http://dx.doi.org/10.52353/ama.v9i2.142
Revilia, D., & Irwansyah. (2020). Social Media Literacy: Millenial’s Perspective of Security and Privacy Awareness. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik. 24(1), 1-15. http://dx.doi.org/10.33299/jpkop.24.1.2375
Sandy, O. P. (2019, June 10). Marak Diunduh Remaja Indonesia, Zenly Dinilai Berbahaya. Retrieved from Cyberthreat.id: https://cyberthreat.id/read/677/Marak-Diunduh-Remaja-Indonesia-Zenly-Dinilai-Berbahaya
Schroeder, S. (2017, July 13). Snapchat + Zenly - Privacy and Security Risk of Location Sharing Apps. Retrieved from Turtler: https://turtler.io/news/security-risks-of-location-sharing-apps
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Unbabel. (2021). Onboarded in 60 seconds: bringing seamless multilingual support to Zenly. Case study: Tech.
Published
2021-05-23
How to Cite
PUTRI, Aulia Sakina Nur Anisa; SANTOSO, Edi; ADI, Tri Nugroho. Konstruksi Makna Media Sosial Zenly bagi Generasi Z. JOMIK : Jurnal Online Mahasiswa Ilmu Komunikasi (ISSN 2797-1023), [S.l.], v. 1, n. 01, p. 30-39, may 2021. ISSN 2797-1023. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jomik/article/view/4176>. Date accessed: 01 may 2024.