Pengaruh Kampanye Lingkungan Terhadap Kesadaran Mengurangi Penggunaan Plastik Pada Followers Instagram

  • Gabriel Chintya Anggraeni ilmu komunikasi universitas jenderal soedirman
  • Ch Herutomo Herutomo Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed
  • Nuryanti Nuryanti Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed

Abstract

Limbah plastik merupakan salah satu permasalahan lingkungan yang terjadi di Indonesia sebagai peringkat ke-2 pada  2015 sebanyak 187,2 juta ton. Permasalahan limbah plastik tersebut membuat restoran Kentucky Fried Chicken (KFC) Indonesia mengadakan kampanye untuk mengurangi sampah plastik yaitu kampanye No Straw Movement dan Gerakan Tanpa Kantong Plastik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh kampanye lingkungan yang dilakukan oleh KFC Indonesia terhadap kesadaran mengurangi plastik pada followers instagram @KFCIndonesia yang berada di Banyumas. Metode yang digunakan dengan penelitian kuantitatif eksplanatif melalui  menyebarkan kuesioner pada responden yang menjadi followers instagram KFC yang berada di Banyumas. Teknik analisis uji pengaruh variabel X terhadap variabel Y menggunakan uji regresi linear sederhana dan koefisien determinasi.  Hasil dari penelitian ini menunjukan pengaruh kampanye lingkungan terhadap kesadaran mengurangi penggunaan plastik pada followers instagram sebesar 35,3%, sedangka sisanya 64,7% dipengaruhi faktor lain di luar penelitian.

References

Amartin, L. A. (2018). Pengaruh Akun Instagram @ExploreBanten Terhadap Minat Berkunjung Ke
Tempat Wisata di Banten. (Skripsi, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten).
Anggani, C. H. (2014). Pengaruh Program Kampanye “Say No to Plastic Bags Oleh The Body Shop
Terhadap Partisipasi Masyarakat. Wacana Volume, 8(2), 155–176.
https://doi.org/10.32509/wacana.v13i2.141.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Asmuni, S., Nur, B. H., Jamaliah, M. K., & Zahariah, M. Z.(2015). Public Participation and Effectiveness of
the No Plastic Day Program in Malaysia. Procedia Social and Behavioral Sciences. 168, 328–340. https://doi.org/10.1016/j.sbspro. 2014.10.238.
Azwar, S. (2007). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Liberty.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan
Penerbit Universitas Diponegoro.
Griffin, E. M. (2012). A First Look at Communication Theory. 8th ed. New York : McGraw Hill.
Indonesia.go.id. (2019, July 30). “Menenggelamkan Pembuang Sampah Plastik di Laut”. Indonesia.Go.Id.
https://www.indonesia.go.id/narasi/indonesia-dalam-angka/sosial/menenggelamkan-pembuang-
sampah-plastik-di-laut.
Kumparan.com. https://kumparan.com/kumparanfood/greener-nusantara-solusi-starbucks-kurangi-
sampah-plastik-1538379311557825612.
KumparanFood. (2018, October 1). “Greener Nusantara Solusi Starbucks Kurangi Sampah Plastik”.
Liliweri, A. (2011). Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Kencana.
McDonalds. (2018, November 12).“McDonalds Indonesia Inisiasikan Gerakan #MulaiTanpaSedotan
Untuk Kurangi Limbah Plastik”.
Mcdonalds.co.id. https://mcdonalds.co.id/newsroom/press-release/mcdonalds-indonesia-inisiasikan-gerakan-mulaitanpasedotan-untuk-kurangi-limbah-plastik.
Normawati,. Maryam, S., & Priliantini, A. (2018). Pengaruh Kampanye “Lets Disconnect To Connect Terhadap Sikap Anti Phubbing. Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media, dan Informatika, 7(3), 155-164. http://dx.doi.org/10.31504/komunika.v7i3.1665
Nugraha, A. P. L. (2019). Pengaruh Kampanye #BYOT Bring Your Own Tumblr Terhadap Perilaku Peduli
Lingkungan. (Skripsi, UPN Veteran Jakarta).
Ronauli, M. P. D. H., Uud, W., Funny, M., & Ira, M. (2016). Hubungan Antara Pesan Kampanye 9 Aksi
Ramah Lingkungan Di Akun Twitter Earth Hour Bandung Dengan Sikap Followers Aktif Terhadap
Gaya Hidup Ramah Lingkungan. Jurnal Manajemen Komunikasi, 1(1), 125–144. https://doi.org/10.24198/jmk.v1i1.11017
Simamora,B. (2005). Analisis Multivariat Pemasaran. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono,. & Agus, S. (2015). Cara Mudah Belajar SPSS & Lisrel. Bandung: CV. Alfabeta.
Syafrikurniasari, N., & Safira, P. W.(2020). Pengaruh Pesan Kampanye No Straw Movement di Media
Sosial Terhadap Perubahan Sikap Publik. Jurnal Lugas, 4(1), 17-26. https://doi.org/10.31334/lugas.v4i1.937.
Venus, A. (2004). Manajemen Kampanye: Panduan Teoritis dan Praktis Dalam Mengefektifkan
Kampanye Komunikasi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.
Published
2021-05-23
How to Cite
ANGGRAENI, Gabriel Chintya; HERUTOMO, Ch Herutomo; NURYANTI, Nuryanti. Pengaruh Kampanye Lingkungan Terhadap Kesadaran Mengurangi Penggunaan Plastik Pada Followers Instagram. JOMIK : Jurnal Online Mahasiswa Ilmu Komunikasi (ISSN 2797-1023), [S.l.], v. 1, n. 01, p. 77-87, may 2021. ISSN 2797-1023. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jomik/article/view/4138>. Date accessed: 01 may 2024.