Komunikasi Guru Dalam Membangun Kecerdasan Emosional Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Petir Kabupaten Banyumas

  • Nafisa Zulfarizki Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed
  • Wisnu Widjanarko Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed
  • Sri Pangestuti Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed

Abstract

Kecerdasan emosional berperan penting dalam menunjang masa depan manusia. Melalui pendidikan diharapkan dapat menciptakan kecerdasan emosional yang baik bagi setiap orang. Adanya permasalahan secara emosional yang sering terjadi di Sekoah Dasar Negeri (SDN). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses komunikasi guru dengan siswa kelas VI SDN 1 Petir Kabupaten Banyumas khususnya dalam komunikasi instruksional. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penentuan informan penelitian melalui purposif  yaitu guru dan siswa kelas VI SDN 1 Petir Kabupaten Banyumas. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan analisis interaktif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses membangun kecerdasan emosional melalui komunikasi instruksional terdapat tiga tahapan yaitu (1) Perencanaan, guru menyusun kurikulum dan menggunakan media sebagai persiapan proses pembelajaran. (2) Pelaksanaan terjadi komunikasi intrapersonal, komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok, komunikasi verbal dan nonverbal. (3) Evaluasi, hasil pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru berdampak positif pada siswa.

References

Agustinova, D.E. (2015.) Memahami Metode Penelitian Kualititatif Teori & Praktik. Yogyakarta : Calpulis.
Ananta, M.J. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas V SDN Ketawanggede Malang. Skripsi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Astuti, B. (2007). Meningkatkan Pengembangan Aspek Emosi Dalam Proses Pembelajaran Anak. Makalah Universitas Negeri Yogyakarta.
Bintani, N.K. (2018). Proses Komunikasi Instruksional Dalam Meningkatkan Prestasi Bidang Olahraga Dan Seni Bagi Difabel (Studi Deskriptif Kualitatif Komunikasi Guru Dengan Siswa Tuna Rungu di SLB Ma’arif Muntilan Magelang). Skripsi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Efendi, A. (2005). Revolusi Kecerdasan Abad 21 : Kritik MI, EI, SQ, AQ Dan Succesfull Intellegence Atas IQ. Bandung : Alfabeta.
Effendy, O.U.( 2006). Ilmu Komunikasi : Teori dan Prakteknya. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Feist, J., & Feist, G.J. (2010). Teori Kepribadian. Jakarta: Salemba Humanika
Nur, E. (2020). Analisis Bentuk Komunikasi Masyarakat Menyampaikan Informasi Social Distancing Dalam Penanggulangan Virus Corona Di Kabupaten Gowa. Pangadereng : Jurnal Hasil Penelitian Ilmu Sosial dan Humaniora. 6(1), 109-118.  https://doi.org/10.36869/pjhpish.v6i1.140
Firdaus, S. (2016). Peranan Orang Tua Dalam Mendidik Kecerdasan Emosional Anak Usia 6-12 Tahun Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Fitriasari, D. (2018). Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini di Sentra Bermain Peran di RA Taqiyya Ngadirejo Kartasura Sukoharjo. Skripsi Institut Agama Islam Negeri Surakarta.
Griffin, R.W. & Ebert, R.J. (2007). Bisnis, edisi kedelapan. Terjemahan. Jakarta: Erlangga.
Herlina. (2013). Bibliotherapy: Mengatasi Anak dan Remaja Melalui Buku. Bandung : Pustaka Cendekia Utama.
Jamhari, A. (2016). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional dan Spiritual (ESQ) Siswa di MA Al Bidayah Candi Kecamatan Bandungan. Skripsi Institut Agama Islam Negeri Salatiga.
Kartini. (2012). Komunikasi Orang Tua Dalam Membangun Kecerdasan Emosional Dan Spritual Remaja Di Kecamatan Kebayakan Takengon Aceh Tengah. Skripsi Institut Agama Islam Negeri Sumatera Utara.
Kuswantoro, A. (2015). Pendidikan Karakter Melalui Public Speaking. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Latifah, N. (2010). Pengembangan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas XI di MAN Wonokromo Bantul Yogyakarta. Skripsi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Lesmana. (2012). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Manizar, E.HM. (2016). Mengelola Kecerdasan Emosi. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 1-16,
Miles, M.B. & Huberman, A.M. (2007). Analisis data kualitatif. Rohendi, T (penerjemah). Jakarta : UI Press.
Nurbaiti, S. (2017). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosi (Emotional Quotient) Melalui Pendidikan Agama Islam Di Sma Negeri 2 Kecamatan Simpang Kiri Kota Subulussalam. Skripsi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh.
Pranindhita, B.R. (2020). Meningkatkan Kecerdasan Emosional Remaja melalui Layanan Bibliotheraphy. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(2), 22-30
Priatini, W., Latifah, M., & Guhardja, S. (2008). Pengaruh Tipe Pengasuhan, Lingkungan Sekolah, dan Peran Teman Sebaya Terhadap Kecerdasan Emosional Remaja. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 1(1), 43-53. https://doi.org/10.24156/jikk/2008.1.1.43
Prihmaningrum, V. (2016). Upaya Guru Kelas Dalam Menumbuhkan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas I A Di MIN Yogyakarta 1 Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Putri, F.S. (2013). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IS SMA Negeri 3 Magelang. Skripsi, Universitas Negeri Semarang.
Razak, A & Jalal, N.M. (2018). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Kompetensi Kepribadian Guru. Jurnal Psikologi Talenta. 4(1), 69-79. https://doi.org/10.26858/talenta.v4i1.6580
Rudy, M. (2005). Komunikasi dan Hubungan Masyarakat Internasional. Bandung : Refika Aditama.
Rusman. (2018). Belajar & Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenadamedia Group.
Saroni, M. (2011). Personal Branding Guru. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Sendjaya. S.D. (2014). Teori Komunikasi. Jakarta : Universitas Terbuka Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.
West, R. & Turner, L.H. (2008). Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika.
Yusuf, P.M. (2010). Komunikasi Instruksional Teori dan Praktik. Jakarta : Bumi Aksara.
Published
2021-05-23
How to Cite
ZULFARIZKI, Nafisa; WIDJANARKO, Wisnu; PANGESTUTI, Sri. Komunikasi Guru Dalam Membangun Kecerdasan Emosional Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Petir Kabupaten Banyumas. JOMIK : Jurnal Online Mahasiswa Ilmu Komunikasi (ISSN 2797-1023), [S.l.], v. 1, n. 01, p. 21-29, may 2021. ISSN 2797-1023. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jomik/article/view/4137>. Date accessed: 01 may 2024.