Strategi Komunikasi Pemasaran pada Rumah Batik Anto Jamil dalam Menghadapi Persaingan

  • Farhan Aditya Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed
  • Shinta Prastyanti Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed
  • Christophorus Herutomo Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran Rumah Batik Anto Djamil dalam menghadapi persaingan penjualan batik di Kabupaten Banyumas, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya. Teknik pemilihan informan ditentukan dengan purposive sampling dan accidental sampling. Wawancara, observasi, dan dokumentasi dilakukan untuk memperoleh data kemudian dianalisis dengan analisis interaktif. Pengembangan validitas data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran batik yang dilakukan Rumah Batik Anto Djamil dalam menghadapi persaingan penjualan batik di Kabupaten Banyumas menggunakan strategi word of mouth dengan menyediakan special customers dan memberikan pelayanan terbaik bagi setiap konsumen. Strategi inovasi produk dilakukan dengan menciptakan produk unik dan meningkatkan citra merek yang positif. Beberapa faktor pendukung Rumah Batik Anto Djamil dalam melakukan strategi komunikasi pemasaran batik yaitu inovasi dalam kegiatan pemasaran produk batik dan antusiasme masyarakat terhadap penggunaan batik. Sementara faktor penghambat kegiatan strategi komunikasi pemasaran dalam memasarkan batik diantaranya kurangnya kualitas sumber daya manusia dan perkembangan batik yang semakin kompetitif.

References

Bungin, B. (2012). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Datta, A., Reed, R., & Jessup, L. (2013). Commercialization of Innovations: An Overarching Framework and Research Agenda. American Journal of Business, 28(2), 147-191. https://engagedscholarship.csuohio.edu/bus_facpub/30/
Hamdani, A., & Lupiyoadi, R. (2011). Manajemen Pemasaran Jasa (Teori dan Praktik). Jakarta: Salemba Empat.
Hamidin, A. S. (2010). Batik Warisan Budaya Asli Indonesia. Yogyakarta: Narasi.
Khasanah, I. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Lasagna Larise Dalam Meningkatkan Penjualan. Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(1), 85-99. https://doi.org/10.15642/jik.2019.9.1.85-99
Kotler, & Armstrong. (2008). Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks Gramedia.
Kotler, & Keller. (2012). Marketing Management. New Jersey: Pearson.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Mujahid, R. (2012). Bangkitkan Antusiasme Anda. https://www.reframepositive.com/
Rangkuti, F. (2013). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Rangkuti, F. (2013). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sedarmayanti, M. A. (2009). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: Penerbit Mandar Maju.
Sudaryanto. (2015). Metode dan Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sularso. (2009). 60 Tahun Gabungan Koperasi Batik Indonesia, 18 September 1948-2008. Jakarta: Koperasi Pusat GKBI.
Tamamudin. (2012). Analisis Pengaruh Pengenalan Merek, Persepsi Kualitas, Harapan Konsumen dan Inovasi Produk terhadap Keputusan Membeli dan Dampaknya Pada Loyalitas Konsumen (Studi Kasus: Produk Batik Sutra Halus Merek Tamina). Jurnal Penelitian, 9(2), 283-300. https://doi.org/10.28918/jupe.v9i2.144
Wulandari, A. (2011). Batik Nusantara: Makna Filosofis, Cara Pembuatan dan Industri Batik. Yogyakarta: Andi
Published
2021-12-07
How to Cite
ADITYA, Farhan; PRASTYANTI, Shinta; HERUTOMO, Christophorus. Strategi Komunikasi Pemasaran pada Rumah Batik Anto Jamil dalam Menghadapi Persaingan. JOMIK : Jurnal Online Mahasiswa Ilmu Komunikasi (ISSN 2797-1023), [S.l.], v. 1, n. 02, p. 10 -17, dec. 2021. ISSN 2797-1023. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jomik/article/view/4135>. Date accessed: 03 may 2024. doi: https://doi.org/10.20884/jomik.v1i02.4135.