Community Relations RSUD Margono Soekarjo dalam Upaya Membentuk Citra Positif di Masyarakat

  • Novia Ulil Albaab Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed
  • Chusmeru Chusmeru Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed
  • Dwi Pangastuti Marhaeni Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed

Abstract

Reputasi sebuah perusahaan bergantung pada bagaimana masyarakat melihat upaya perusahaan. Melalui kegiatan community relation yang terus diimplementasikan secara berkelanjutan oleh RSUD Margono Soekarjo di Banyumas, sebagai salah satu upaya untuk membentuk dan menjaga citra RSUD Margono Soekarjo.  Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kegiatan community relations yang dilakukan public relations RSUD Margono Soekarjo dalam upaya membentuk citra positif di masyarakat serta mengetahui faktor hambatan dan permasalahan yang dihadapi dalam kegiatan community relations dan cara mengatasi permasalahan. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pemilihan informan secara purposive sampling. Pengumpulkan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak semua kegiatan community relations di RSUD Margono Soekarjo dapat dilaksanakan, dikarenakan adanya pandemi Covid-19 yang tidak memperbolehkan masyarakat melakukan kegiatan berkerumun. Public relations melaksanakan kegiatan community relations dengan baik dan menarik perhatian masyarakat serta dapat membentuk citra positif untuk RSUD  Margono Soekarjo.

References

Ardianto, E., & Soemirat, S. (2004). Dasar-Dasar Public Relations. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Gegen, G.,W ahyati, E.Y., & Murni T.W. (2017). “Pelaksanaan Patient Safety dalam Corporate Social Responsibility Melalui Bakti Sosial di Rumah Sakit Jatinegara”. Soepra: Jurnal Hukum Kesehatan. 3(2), 194-204. https://doi.org/10.24167/shk.v3i2.781
Hasan, S. (2015). Strategi rumah sakit dalam menghadapi krisi public relations menurut perspektif fiqih muamalat. An-Nisbah : Jurnal Ekonomi Syariah. 2(1), 379-404. https://doi.org/10.21274/an.2015.2.1.379-404
Iriantara,Y. (2004). Community Relations: Konsep dan Aplikasinya. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Iriantara, Y. (2010). Media Relations: Konsep, Pendekatan, Dan Praktik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Jefkins, F. (2003). Public Relations. Jakarta: Erlangga.
Kriyantono, R. (2015). Public Relations, Issue & Crisis Management. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Kriyantono, R. (2008). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Kuswantoro, A. (2015). Hubungan Masyarakat (Humas): Teori dan Praktik. Jakarta: Salemba Humanika
Laksono, T. (2004). Memahami Penggunaan Ilmu Ekonomi Dalam Manajemen Rumah Sakit. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Lie. A. (2008). Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: PT Grasindo
Macnamara, J. & Agung, S. (2013). Strategi Public Relation. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Nawawi, H. (2012). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Ninawe, Arundhati. 2016. “Setting New Agenda: Critical Study of Perspectives of CSR Practices in Indian Private Corporate Hospitals”. International Journal of Science and Research (IJSR). 1986-1988.
Pawito. (2007). Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: LKIS.
Pemerintah Provinsi Jawa Tengah RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo, 2016. RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo. https://www.rsmargono.go.id diakses pada 21 Februari 2019.
Safitri, B.V., Bakti, I., & Hafiar, H. (2019). Profesi humas rumah sakit: antara profesionalisme dan humanisme. PRofesi Humas Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat ,4(1):47-67. https://doi.org/10.24198/prh.v4i1.16502
Undang - Undang Nomor 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit”
Zulfikar, A., Sultan, M.I., & Kahar. (2017). Peran humas dalam meningkatkan citra rumah sakit dr wahid sudirohusodo sebagai rumah sakit berstandar internasional. Kareba: Jurnal Komunikasi, 6(1), 98-109. https://doi.org/10.31947/kjik.v6i1.5169
Published
2021-05-23
How to Cite
ALBAAB, Novia Ulil; CHUSMERU, Chusmeru; MARHAENI, Dwi Pangastuti. Community Relations RSUD Margono Soekarjo dalam Upaya Membentuk Citra Positif di Masyarakat. JOMIK : Jurnal Online Mahasiswa Ilmu Komunikasi (ISSN 2797-1023), [S.l.], v. 1, n. 01, p. 1-12, may 2021. ISSN 2797-1023. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jomik/article/view/4130>. Date accessed: 01 may 2024.