Kredibilitas Beauty Vlogger terhadap Minat Beli Brand Some By Mi

  • Sarah Kristimonica Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed
  • Shinta Prastyanti Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed
  • Bambang Widodo Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed

Abstract

Bidang kecantikan dewasa ini banyak diminati oleh masyarakat, termasuk juga mahasiswa. Informasi mengenai bidang kecantikan dapat diperoleh di media YouTube melalui hadirnya para beauty vlogger. Salah satu beauty vlogger yang mendapatkan perhatian dari masyarakat dan dianggap memiliki kredibilitas adalah Suhay Salim.  Kehadiran konten vlog ini diduga memberikan dampak pada minat beli penonton terhadap produk Some By Mi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kredibilitas beauty vlogger Suhay Salim terhadap minat beli brand Some By Mi dikalangan mahasisiwa Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Unsoed. Metode penelitian menggunakan kuantitatif eksplanatif melalui penyebaran daftar pertanyaan kepada responden yang telah menonton video review Suhay Salim. Sampel penelitian  menggunakan sampel total, serta uji korelasi Pearson Product Moment dan uji signifikansi dipilih untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan kredibilitas beauty vlogger Suhay Salim terhadap minat beli produk brand Some By Mi pada responden penelitian. 

References

Asanti, A.M. (2015). Pengaruh Electronic Word Of Mouth dan Persepsi Nilai terhadap Minat Beli Bowl-Ling Fruit Bar di Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Assael, H. (2001). Consumer Behavior 6th Edition. New York: Thomson Learning.
Azwar, S. (2011). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Cheung, C.M.K., Lee, M.K.O., & Robjohn, N. (2008). The Impact of Electronic Word-Of-Mouth The Adoption of Online Opinions in Online Customer Communities. Internet Research, 18(3), 229-247. https://doi.org/10.1108/10662240810883290
Duyen, T.N.M. (2016). Beauty Bloggers’ Influence on Vietnamese Young Consumers. Thesis Degree Programme In International Business. Faculty of Business Administration. Saimma University of Applied Science.
Effendy, O.U. (2000). Ilmu Komunikasi, Teori, dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Fenny., & Loisa, R. (2021). Pengaruh Endorsement oleh Beauty Vlogger terhadap Minat Beli Kosmetik. Prologia, 5(1), 94-100.http://dx.doi.org/10.24912/pr.v5i1.8141
Hutapea, M.M.D. (2016). Beauty Vlogger dan Brand Image (Survei Pengaruh Beauty Vlogger Sebagai Endorser Terhadap Brand Image Produk The Body Shop). Skripsi. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.
Kotler, P., & Keller, K.L. (2005). Marketing Management. London: Pearson Education
Monks, F.J., Knoers, A.M.P., & Haditono, S.R. (2002). Psikologi Perkembangan: Pengantar dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Ohanian, R. (1990). Construction and Validation of a Scale to Measure Celebrity Endorsers' Perceived Expertise, Trustworthiness, and Attractiveness. Journal of Advertising, 19(3), 39-52. https://doi.org/10.1080/00913367.1990.10673191
Samsihat, D.H., & Damanik, E.R. (2013). Analisis Korelasi Kredibilitas Booker (Manager Talent) terhadap Sikap Klien (Studi Kasus: PT Talenta Citra Management). Skripsi. Jakarta: Universitas Bina Nusantara.
Schiffman & Kanuk. (2007). Perilaku Konsumen Edisi Kedua. Jakarta: PT. Indeks Gramedia.
Severin, W.J., & Tankard, J.W. (2007). Teori Komunikasi: Sejarah, Metode, dan Terapan di dalam Media Massa Edisi ke-5. Jakarta: Kencana.
Simamora, B. (2005). Analisis Multivariat Pemasaran. Jakarta: Gramdeia Pustaka Utama.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Terence, A.S. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu Dalam Periklanan dan Promosi Edisi 8. Jakarta: Salemba Empat.
Published
2021-05-23
How to Cite
KRISTIMONICA, Sarah; PRASTYANTI, Shinta; WIDODO, Bambang. Kredibilitas Beauty Vlogger terhadap Minat Beli Brand Some By Mi. JOMIK : Jurnal Online Mahasiswa Ilmu Komunikasi (ISSN 2797-1023), [S.l.], v. 1, n. 01, p. 13-20, may 2021. ISSN 2797-1023. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jomik/article/view/4128>. Date accessed: 01 may 2024.