MOTIF PENGGUNAAN FITUR CLOSE FRIEND INSTAGRAM DI KALANGAN MAHASISWA FISIP UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN

  • Dresta Andaiva Widagdo Sosiologi Unsoed
  • Ankarlina Pandu Primadata Sosiologi Unsoed

Abstract

ABSTRAK


Para pengguna media sosial telah menyadari bahwa informasi yang mereka unggah merupakan konsumsi umum serta terdapat kekhawatiran penyalahgunaan data, maka mereka membutuhkan privasi. Instagram merupakan media sosial yang populer di masyarakat, ini dikarenakan terdapat fitur yang menarik salah satunya adalah fitur close friend. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk membagikan aktivitas mereka kepada orang-orang terdekat saja. Melalui fitur ini, mereka bebas berekspresi di media sosial tanpa sadar akan dampaknya. Artinya, terdapat motif yang dilakukan sehingga para pengguna tetap menggunakan media sosial Instagram terutama di fitur close friend. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik penentuan informannya menggunakan purposive sampling, dengan kriteria informan yaitu merupakan mahasiswa S1 FISIP Unsoed, mempunyai akun Instagram dengan minimal 1000 pengikut, dan menggunakan fitur close friend (minimal 4 kali dalam seminggu). Metode pengambilan data yaitu observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat 3 motif penggunaan fitur close friend yaitu motif arsip untuk memilah orang yang dapat melihat unggahan tersebut sehingga dapat dikenang kembali, motif kenyamanan yang digunakan untuk meraih kenyamanan saat bermain Instagram, dan motif privasi untuk memilah orang yang bisa masuk ke privasi pengguna akun Instagram.


Kata Kunci: Fitur close friend, media sosial, Instagram, motif, dan mahasiswa.


 


ABSTRACT


Social media users have realized that the information they upload is for public consumption and there are concerns about data misuse, so they need privacy. Instagram is a popular social media in the community, this is because there are interesting features, one of which is the close friend feature. This feature allows users to share their activities with the people closest to them. Through this feature, they are free to express themselves on social media without being aware of the impact. That is, some motives are carried out so that users continue to use Instagram social media, especially in the close friend feature. This study uses a descriptive qualitative research method. The technique of determining the informant used purposive sampling, with the criteria of the informant being an undergraduate student at FISIP Unsoed, having an Instagram account with a minimum of 1000 followers, and using the close friend feature (at least 4 times a week). Data collection methods are observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques used are data collection, data reduction, data presentation, and conclusion. The motive for using the close friend feature is the archival motive to sort out people who can see the upload so that it can be recalled, the comfort motive used to gain comfort when playing Instagram, and the privacy motive to sort out people who can enter the privacy of Instagram account users.


Keywords : Features close friends, social media, Instagram, motives, and student.

References

Angelina,S., & Aprilia,M.(2022). Manajemen Privasi Komunikasi pada Fenomena Instagram Stories Remaja di Yogyakarta.Jurnal Ilmu Komunikasi: 3(1), 1-15.

Fandia, Mashita.(2020). Mendefinisikan Privasi di Ruang Media Sosial.Combine.or.id. https://www.combine.or.id/2020/12/14/mendefinisikan-privasi-di-ruang-media-sosial/#:~:text=Pada%20tataran%20ini%2C%20definisi%20privasi,untuk%20mendapatkan%20resiprokalitas%20dalam%20relasi. Diakses pada 27 September 2022.

Gallucci, N. (2021). Instagram’s Close Friends feature is essential for my mental health.Mashable.com. https://sea.mashable.com/tech/18563/instagrams-close-friends-feature-is-essential-for-my-mental-health. Diakses pada 27 September 2022.

Gruzd, Anatoliy& Angel Hernandez-Garcia. (2018).Privacy Concerns And Self-Dicslousure In Private And Public Uses Of Social Media.Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking: 21, (7). 418-428. DOI: 10.1089/cyber.2017.0709

Help. Instagram. (2023). Create a Close Friend list on Instagram. Diakses pada 7 Juni 2023, dari https://help.instagram.com/476003390920140/?cms_platform=android-app&helpref=platform_switcher

Hesadiwana, B. & Syafrini, D. (2022).Motif Penggunaan Akun Alter Ego di Media Sosial Instagram Pada Remaja Kota Padang. Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan: 5,(1). 27-36. DOI: http://dx.doi.org/10.24036/perspektif.v5i1.586

Juniar, Indah Sary & Nasionalita, Kharisma.(2022). Motif Penggunaan Media Pada Pengguna Fitur Whatsapp Story (Studi Pada Generasi Millenial di Kota Bandung). Jurnal Education and Development: 10(3), 451-456.

Johnson, Doyle Paul. (1986). Teori Sosiologi Klasik dan Modern Jilid II Terjemahan Robert M.Z.Lawang.Jakarta: PT Gramedia.

Mukhtar.(2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Referensi (GP Press Group).

Nainggolan, Vitri Rondonuwu, S, A.,& Waleleng, G, J. (2018). Peranan Media Sosial Instagram Dalam Interaksi Sosial Antar Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unsrat Manado.Jurnal Acta Diurna Komunikasi: 7(4), 1-15.

Nasution, Dian Azhary, Salmaniah, N, S. & Barus, R, K, I. (2022). Motif dan Kepuasan Penggunaan Media Sosial Instagram terhadap Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Meda Area. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik, Ilmu Komunikasi (JIPIKOM): 4(1), 24-33. DOI: https://doi.org/10.31289/jipikom.v4i1.1.1148

Nugroho, Yoga Adityo. (2021). Apakah Fitur Close Friend Instagram Merupakan Bentuk Kepercayaan Terhadap Seseorang. https://himarusiaunpad.wordpress.com/2021/08/03/apakah-fitur-close-friend-instagram-merupakan-bentuk-kepercayaan-terhadap-seseorang/. Diakses pada 27 September 2022.

Nugraheni, Yuli & Widyaningrum, A, Y. (2017). Motif Mahasiswa Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya dalam Menggunakan Media Sosial.Jurnal Komunikatif: 6(2), 63-91. https://doi.org/10.33508/jk.v6i2.1706

Nuzulita, N.(2018). Keuntungan Dan Risiko Sosial Serta Kecemasan Privasi Pada Penggunaan Media Sosial Berdasarkan Tingkatan Generasi. (Tesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2018).

Putra, Muhammad Rizal Ardiansah. (2019). Kemanfaatan Instagram Dalam Pembentukan Citra Diri Remaja Wanita di Makassar.MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi: 2(1), 1-10. DOI: https://doi.org/10.35326/medialog.v2i1.148

Prihatiningsih, Witanti. (2017). Motif.Penggunaan Media Sosial Instagram Di Kalangan Remaja.Jurnal Communication VIII: (1), 51-65. DOI: http://dx.doi.org/10.36080/comm.v8i1.651

Riyanto, A, D. (2022). Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2022. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2022/. Diakses 3 Maret 2023

Sugiyono.(2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Syahreza, M, F & Tanjung, I, S. (2018). Motif dan Pola Penggunaan Media Sosial Instagram di Kalangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Unimed.Jurnal Interaksi: 2(1), 61-84. DOI: https://doi.org/10.30596/interaksi.v2i1.1788

Willianti, C & Oktavianti, R. (2019). Pengaruh Motif Penggunaan Media Sosial Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada Followers @pluffyschoice). Prologia: 3(1), 47-53. DOI: https://doi.org/10.24912/pr.v3i1.6205
Published
2023-07-14
How to Cite
WIDAGDO, Dresta Andaiva; PRIMADATA, Ankarlina Pandu. MOTIF PENGGUNAAN FITUR CLOSE FRIEND INSTAGRAM DI KALANGAN MAHASISWA FISIP UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN. Jurnal Interaksi Sosiologi, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 34-49, july 2023. ISSN 1412-7229. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jis/article/view/9225>. Date accessed: 28 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.2504/jis.v3i1.9225.
Section
Jurnal Interaksi Volume 3 Nomor 1 2023