“RUMAH LANGIT” HARAPAN PENDIDIKAN ANAK MARJINAL

(Studi Tentang Pemberdayaan Bidang Pendidikan di Kelurahan KampungTengah, Kecamatan Kramatjati, Jakarta Timur)

  • Dinda Galih Purwaningrum Jurusan Sosiologi Fisip Unsoed
  • Rili Windiasih Jurusan Sosiologi Fisip Unsoed

Abstract

Pemberdayaan masyarakat tidak hanya berkaitan dengan desa saja, melainkan di kota besar dengan fasilitas yang terjangkau juga masih memerlukan pemberdayaan. Salah satu contohnya adalah pemberdayaan dalam bidang pendidikan di perkotaan yaitu Rumah Langit. Tempat ini merupakan rumah belajar yang dalam penerapannya melakukan pemberdayaan bidang pendidikan untuk anak marjinal di perkotaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana bentuk pemberdayaan masyarakat yang dilakukan Rumah Langit sebagai Lembaga Swadaya Masyarakat dalam bidang pendidikan untuk anak marjinal di Kampung tengah, KramatJati, Jakarta Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sasaran penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dengan cara wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data interaktif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bentuk pemberdayaan Rumah Langit: [1] penyadaran, Rumah Langit memberikan beberapa strategi untuk para murid semangat dan terdorong untuk melakukan perubahan. [2] pengkapasitasan, yang terdiri dari tiga cakupan yaitu meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berperan menjadi fasilitator di sana, pengelolaan organisasi yang terdiri dari anggaran dan bentuk kerjasama, serta sistem nilai yang dijadikan pedoman di Rumah Langit. [3] pemberdayaan, yang di mana mereka para penerima manfaat akan diberikan daya atau peluang sesuai dengan kualitas diri mereka, Hasil kesimpulan penelitian ini yaitu bentuk pemberdayaan di Rumah Langit memiliki tiga tahapan antara lain, penyadaran, pengkapasitasan, dan pemberdayaan. Dalam menjalankan bentuk pemberdayaan tersebut juga memiliki faktor yang medorongjalannya pemberdayaan dan faktor penghambar dalam jalannya kegiatan tersebut. Rekomendasi dari penelitian ini yaitu, diharapkan dapat memberikan gambaran serta sumbangsih pengetahuan bagi kalangan akademisi, aktivis, dan masyarakat.


Pemberdayaan Masyarakat, Pemberdayaan Bidang Pendidikan, Anak Marjinal.

Published
2022-08-04
How to Cite
PURWANINGRUM, Dinda Galih; WINDIASIH, Rili. “RUMAH LANGIT” HARAPAN PENDIDIKAN ANAK MARJINAL. Jurnal Interaksi Sosiologi, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 42-66, aug. 2022. ISSN 1412-7229. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jis/article/view/6554>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Jurnal Interaksi Volume 1 Nomor 1 2021