Hubungan Faktor Sosiodemografi dengan Tingkat Kecemasan Dental Pasien sebelum Tindakan Odontektomi di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto

  • Bestaria Sani Kuncoro Jenderal Soedirman University
  • Arfi Nurul Hidayah
  • Fitri Diah Oktadewi
  • A. Haris Budi Widodo
  • Anna Kartika Puji Prasetyojati

Abstract

 Odontektomi merupakan prosedur untuk mengangkat gigi terpendam dengan pembedahan dan membutuhkan beberapa instrumen bedah tambahan. Prosedur odontektomi yang kompleks ini dapat menimbulkan masalah psikologis pada pasien yaitu munculnya kecemasan dental. Kecemasan dental dapat disebabkan oleh sejumlah faktor yaitu psikososial, perilaku, genetik dan sosiodemografi. Faktor sosiodemografi dapat terdiri dari usia, jenis kelamin, dan pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan faktor sosiodemografi dengan tingkat kecemasan dental pasien sebelum tindakan odontektomi di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto.  Metode penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang akan dilakukan tindakan odontektomi di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto. Sampel diambil menggunakan teknik accidental sampling dengan jumlah sebanyak 75 responden pasien yang akan dilakukan tindakan odontektomi di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Chi-square dan Uji Regresi Logistik Multinomial.  Hasil penelitian didapatkan variabel usia mempunyai p (0,000) dan contingency coefficient cukup kuat (0,473), jenis kelamin mempunyai p (0,000) dan contingency coefficient  kuat (0,673), dan pendidikan mempunyai p (0,041) dan  contingency coefficient lemah (0,342). Simpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan antara faktor sosiodemografi meliputi usia, jenis kelamin, dan pendidikan dengan tingkat kecemasan dental pasien sebelum tindakan odontektomi di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto serta variabel yang paling berpengaruh dengan tingkat kecemasan dental pasien sebelum tindakan odontektomi di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto yaitu jenis kelamin.

Published
2024-02-05
How to Cite
KUNCORO, Bestaria Sani et al. Hubungan Faktor Sosiodemografi dengan Tingkat Kecemasan Dental Pasien sebelum Tindakan Odontektomi di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto. Journal of Dental and Biosciences, [S.l.], v. 1, n. 01, p. 8-18, feb. 2024. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jdb/article/view/11212>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.j. dent bios.2024.1.01.11212.