Isolasi dan Identifikasi Pseudomonas aeruginosa Penyebab Infeksi Nosokomial pada Permukaan Bowl Rinse Dental Unit RSGMP Universitas Jenderal Soedirman

  • Meylida Ichsyani Universitas Jenderal Soedirman
  • Nimas Rahma Nadira Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Infeksi nosokomial infeksi yang diperoleh seseorang selama berada di rumah sakit. Penyakit infeksi pada pasien dirumah sakit dapat menyebabkan risiko penyebaran infeksi dari satu pasien ke pasien lainnya, begitupun petugas kesehatan yang sering terpapar agen infeksi. Penyakit infeksi terkait pelayanan kesehatan, salah satunya disebabkan oleh bakteri Pseudomonas aeruginosa. Penelitian bertujuan untuk mengisolasi dan mengidentifikasi bakteri Pseudomonas aeruginosa pada permukaan bowl rinse dental unit di RSGMP UNSEOD. Penelitian berupa quasi eksperimen dengan rancangan cross sectional dan dianalisis secara deskriptif. Dental unit dipilih menggunakan metode purposive sampling, sampel diisolasi dengan mengusap seluruh permukaan bowl rinse dental unit. Pengamatan morfologi koloni, morfologi sel, uji biokimia, serta analisis molekuler dilakukan untuk mengidentifikasi bakteri target. Hasil menunjukkan terdapat isolat bakteri Pseudomonas aeruginosa sesuai pengamatan morfologi, fisiologi dan analisis molekuler. Simpulan dari penelitian adalah terdapat bakteri Pseudomonas aeruginosa yang mengkontaminasi permukaan bowl rinse dental unit RSGMP UNSOED.

Published
2024-01-15
How to Cite
ICHSYANI, Meylida; NADIRA, Nimas Rahma. Isolasi dan Identifikasi Pseudomonas aeruginosa Penyebab Infeksi Nosokomial pada Permukaan Bowl Rinse Dental Unit RSGMP Universitas Jenderal Soedirman. Journal of Dental and Biosciences, [S.l.], v. 1, n. 01, p. 1-7, jan. 2024. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jdb/article/view/10787>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.j. dent bios.2024.1.01.10787.