Pendidikan Kesehatan tentang Sikap Tubuh Ergonomis dan Pola Aktivitas untuk mencegah Muskuloskeletal Disorders pada Remaja

  • Desiyani Nani Universitas Jenderal Soedirman
  • Nur Ulfah Universitas Jenderal Soedirman
  • Fuad Noor Heza Universitas Jenderal Soedirman
  • Made Sumarwati Universitas Jenderal Soedirman
  • Hikmi Muharromah Pratiwi Universitas Jenderal Soedirman
  • Hasby Pri Choiruna Universitas Jenderal Soedirman
  • Wastu Adi Mulyono Universitas Jenderal Soedirman
  • Chanthy Tri Lestari Universitas Jenderal Soedirman
  • Adinda Arka Maulita Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Latar belakang: Pandemi COVID 19 selama kurun waktu dua tahun ini telah menghentikan banyak aktivitas manusia, termasuk remaja yang harus  belajar secara online di rumah. Aktivitas fisik yang kurang adekuat dan juga sikap kerja tubuh selama beraktivitas di rumah yang tidak memperhatikan prinsip ergonomis dalam jangka waktu yang lama, memberikan dampak terhadap kesehatan terutama munculnya gangguan muskuloskeletal mulai dari yang ringan-sedang pada remaja. Tujuan: melakukan pendidikan kesehatan tentang sikap tubuh ergonomis dan pola hidup sehat untuk mencegah terjadinya musculoskeletal disorders (MSDs). Metode: Pengabdian kepada masyarakat berbasis riset dilakukan dengan metode pendidikan kesehatan dengan topik sikap tubuh ergonomis dan pola aktivitas/olahraga dalam rangka mencegah gangguan tulang dan sendi. Peserta yang hadir sebanyak 50 orang. Hasil : Tingkat pengetahuan remaja tentang bagaiman pola aktivitas dan olahraga yang ideal untuk remaja berada pada tingkat sedang yaitu sebanyak 41 anak (82%) dan tingkat pengetahuan tentang sikap ergonomis tubuh dalam aktivitas sehai-hari dalam mencegah musculoskeletal disorder sudah mencapai 96% tingkat pengetahuan yang tinggi. Kesimpulan: Pendidikan kesehatan tentang sikap tubuh ergonomis sangat penting dilakukan pada remaja untuk membekali pengetahuan, sikap dan perilaku sikap tubuh ergonomis yang baik dan benar dalam aktivitas sehari-hari sehingga mencegah terjadinya MSDs. Dengan terjaganya kesehatan otot, tulang, dan sendi maka kualitas hidup dan produktivitas remaja akan terpelihara bahkan meningkat.


 


Kata kunci: Ergonomi, sikap tubuh, musculoskeletal disorders, remaja

Published
2023-01-31
How to Cite
NANI, Desiyani et al. Pendidikan Kesehatan tentang Sikap Tubuh Ergonomis dan Pola Aktivitas untuk mencegah Muskuloskeletal Disorders pada Remaja. Jurnal of Community Health Development, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 1-11, jan. 2023. ISSN 2723-2050. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jchd/article/view/7178>. Date accessed: 24 feb. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.jchd.2023.4.1.7178.