Analisis Kepuasan Pengunjung di Agrowisata Lembah Asri Serang, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga
Abstrak
Agrowisata Lembah Asri Serang, menjadi salah satu daerah tujuan wisata yang banyak diminati oleh wisatawan ketika berkunjung ke Purbalingga. Pengunjung yang berwisata ke Agrowisata Lembah Asri Serang tentunya ingin mendapatkan kepuasan setelah melakukan kunjungan. Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis karakteristik pengunjung di Agrowisata Lembah Asri Serang. (2) menganalisis tingkat kepuasan pengunjung terhadap sistem pelayanan dan fasilitas di Agrowisata Lembah Asri Serang. (3) menganalisis atribut kepuasan pengunjung di Agrowisata Lembah Asri Serang. Teknik pengambilan sampel melalui accidental sampling dengan jumlah sampel yang ditentukan sebanyak 80 responden. Analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, analisis customer satisfaction index (CSI), dan importance performance analysis (IPA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik pengunjung Agrowisata Lembah Asri Serang Purbalingga yaitu mayoritas masyarakat yang berjenis kelamin perempuan, berusia 28-37 tahun, memiliki pendidikan akhir S1, memiliki pekerjaan pegawai swasta, dan memiliki pendapatan >Rp2.500.000,00-Rp4.000.000,00. Hasil perhitungan Customer Satisfaction Index (CSI) sebesar 76,75 persen yang berarti indeks kepuasan pengunjung berada pada kriteria puas. Atribut yang dianggap penting oleh pengunjung tetapi memiliki kinerja yang kurang memuaskan yaitu ketersediaan toilet, kejelasan informasi dalam promosi, keamanan menggunakan fasilitas agrowisata, dan kersedianya tempat pengaduan pengunjung. Atribut yang dianggap penting dan memiliki kinerja yang memuaskan yaitu harga tiket masuk terjangkau, kebersihan lingkungan, kerapihan penampilan karyawan, keindahan, penjelasan informasi sesuai keadaan di lapangan, kegiatan wisata beragam, promosi, kecepatan pegawai dalam melayani, ketanggapan pegawai dalam menghadapi keluhan, jumlah pegawai mencukupi, keamanan lokasi, dan kemudahan akses menuju kawasan agrowisata. Atribut yang dianggap kurang penting dan memiliki kinerja kurang memuaskan yaitu kesiapan pegawai membantu pengunjung, pengetahuan pegawai menjelaskan agrowisata, dan kemudahan pihak agrowisata dihubungi pengunjung. Atribut yang dianggap kurang namun memiliki kinerja memuaskan yaitu fasilitas lengkap, area parkir luas, ketepatan waktu pelayanan, inisiatif pegawai tinggi, dan sikap pegawai sopan dan ramah.
Kata kunci: Agrowisata; CSI; IPA; Kepuasan Pengunjung; dan Lembah Asri,



