FARMHOUSE AGROTOURISM BUSINESS DEVELOPMENT IN KARANGRESIK TOURISM PARK USING BUSINESS MODEL CANVAS
Abstract
Farmhouse merupakan salah satu wahana edukasi dengan konsep agrowisata yang berada di Taman Wisata Karangresik,
berlokasi di Kota Tasikmalaya. Saat ini, wahana farmhouse memiliki variasi hewan yang terbatas dan tidak dicantumkannya informasi tambahan tentang hewan menunjukkan salah satu bentuk kelemahan manajemen bisnis yang dapat mengakibatkan berkurangnya pengunjung. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis kondisi bisnis saat ini, mengevaluasi dan merancang alternatif strategi dari setiap elemen Business Model Canvas. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Responden dalam penelitian ini yaitu pihak internal dengan menggunakan metode purposive sampling melalui teknik key person (orang kunci), serta 15 orang pengunjung menggunakan teknik accidental sampling. Metode analisis bersifat kualitatif, yang terdiri dari pemetaan Business Model Canvas, analisis faktor internal dan eksternal (IFAS dan EFAS) dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan kondisi bisnis yang dijalankan sudah baik dan memenuhi 9 elemen Business Model Canvas, namun masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki. Strategi yang dapat digunakan untuk mendukung perkembangan perusahaan difokuskan pada elemen key activities yaitu peningkatan pemasaran secara digital.




