Analysis of Learning Motivation in Mediating The Factors Influencing Accounting Learning Outcomes
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perhatian orang tua, gaya belajar, teman sebaya, disiplin belajar terhadap hasil belajar akuntansi dengan motivasi belajar sebagai variabel intervening. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi pada kajian berikut mencakup seluruh peserta didik kelas X SMKN 2 Kota Madiun, yang berjumlah 132 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Analisis data melalui regresi linear berganda dengan SPSS versi 23. Berdasarkan hasil pengujian secara statistik menunjukkan bahwa secara parsial perhatian orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar, secara parsial gaya belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar, secara parsial teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar, secara persial disiplin belajar berpengaruh terhadap hasil belajar, secara parsial motivasi belajar mampu memediasi perhatian orang tua terhadap hasil belajar, motivasi belajar mampu memediasi gaya belajar terhadap hasil belajar, motivasi belajar mampu memediasi teman sebaya terhadap hasil belajar, dan motivasi belajar mampu memediasi disiplin belajar terhadap hasil belajar.
References
Aenon, N., Iskandar, I., & Rejeki, H. S. (2020). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 3(2), 149. https://doi.org/10.26418/jilo.v3i2.42965
Alam, F. A. (2020). Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Di Smp Negeri 3 Barru. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(1), 1–11. https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/bkmb/article/view/48
Alhafid, A. F., & Nora, D. (2020). Kontribusi Dukungan Sosial Orang Tua dan Peran Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa kelas X dan XI di SMA Negeri 2 Bengkulu Selatan. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(4), 284–300. https://doi.org/10.24036/sikola.v1i4.53
Alia, R., & Nurdibyanandaru, D. (2020). Pola Pengasuhan Orang Tua Tunggal Ibu pada Mahasiswa Tunanetra. Jurnal Diversita, 6(2), 143–153. http://ojs.uma.ac.id/index.php/diversita
Aliffianti, T. R., Kurniati, N., Humaira Salsabila, N., & Turmuzi, M. (2022). Analisis kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari gaya belajar siswa kelas VIII SMPN 5 kota Bima tahun ajaran 2021/2022. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 461. https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/index
Alkadri, T., Dahen, L. D., & Verawati, R. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kepercayaandiri, Penguatan Positif,Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Hasil belajar Siswakelas Xi Ips Melalui Motivasi Sebagai Variabel Intervening Di Sman 1 Airpura Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Horizon Pendidikan, 1(2), 232–249.
Anggraeni, R., Ekawarna, & Kamid. (2020). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik Guru, Lingkungan Keluarga Dan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Viii Smp N 10 Kota Jambi. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1(6), 534–545. https://doi.org/10.31933/jimt.v1i6.283
Beddu, S. (2019). Implementasi Pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 1(3), 71–84.
Budiarto, D. S., Nisa, A., & Savira, P. (2021). Survival Strategy During the Covid-19 Pandemic: Research on the Sustainability of MSME. SAR (Soedirman Accounting Review): Journal of Accounting and Business, 1–12. https://doi.org/10.32424/1.sar.2021.6.2.5115
Cahyati, R., & Muchtar, B. (2019). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Teman Sebaya, dan Prestasi Belajar Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi Siswa SMK Negeri Bisnis dan Manajemen Kota Padang. Jurnal Ecogen, 2(3), 483. https://doi.org/10.24036/jmpe.v2i3.7420
Chania, Y., Haviz, M., & Sasmita, D. (2020). Hubungan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi Kelas X SMAN 2 Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar. Jurnal of Sainstek, 8(1), 77–84.
Damayanti, A. P., Yuliejantiningsih, Y., & Maulia, D. (2021). Interaksi Sosial Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 163–167. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/download/27576/18812
Dewi, K. M. S., Suwatra, I. W., & Suarjana, M. (2019). Kontribusi Disiplin Belajar Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 121–130. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17328
Djonomiarjo, T. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 39. https://doi.org/10.37905/aksara.5.1.39-46.2019
Fadilah, D. N., & Afriansyah, E. A. (2021). Peran Orang Tua terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Aljabar di Masa Pandemi COVID-19. Journal of Instructional Mathematics, 2(2), 55–63. https://doi.org/10.37640/jim.v2i2.1021
Falah, B. N. (2019). Pengaruh gaya belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Euclid, 6(1), 25. https://doi.org/10.33603/e.v6i1.1226
Fatmawati, & Yusrizal. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Alam Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Di Era Pandemi Covid-19. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 11(3), 275. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i3.29587
Fauzi, S., & Fajrin, N. (2022). Peran Manajemen Pendidikan Islam dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan dan Masyarakat. HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education, 2(1), 17–32. https://doi.org/10.14421/hjie.2022.21-02
Handayani, E. S., & Subakti, H. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151–164. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.633
Hanifa, S., & Lestari, T. (2021). Pengaruh teman sebaya terhadap perkembangan emosional anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1429–1433.
Hernita, N. (2019). Pengaruh Teman Sebaya Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Pengambilan Keputusan Dalam Memilih Jurusan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Keuangan Syariah, I, 35–44.
Khairinal, Kohar, F., & Fitmilina, D. (2020). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, DISIPLIN BELAJAR, DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMAN TITIAN TERAS. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan IImu Sosial, 1(2), 506–515. https://doi.org/10.38035/JMPIS
Khoiriyah, M., Sumarwiyah, S., & Masfuah, S. (2022). Analisis Gaya Belajar Siswa Berprestasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Islam Bayt Assalam Pecangaan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 3143–3156. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.817
Lestari, D. R., & Listiadi, A. (2022). Peran Motivasi Belajar Dalam Memediasi Lingkungan Keluarga Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Keuangan Menengah 1. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 10(3), 304–314. https://doi.org/10.26740/jpak.v10n3.p304-314
Maharani, N., Basri, M., Indah Lestari, N., Soemantri Brojonegoro No, J., & Lampung, B. (2021). Gaya Belajar Siswa Sman 01 Way Serdang Pada Mata Pelajaran Sejarah. J o u r n a l P e n d i d i k a n d a n P e n e l i t i a n S e j a r a h ( P e s a g I ), 1–13. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PES/indexhttp://dx.doi.org/10.23960/pesagi%7C1
Mahmudi, A. (2020). Pengaruh Bimbingan Konseling, Pola Asuh Orang Tua dan Lingkungan Sekolah Terhadap Kemandirian Peserta Didik di SMA Negeri 1 Jogonalan Kabupaten Klaten. DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1(2). https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i2.587
Mahmudi, A., Sulianto, J., & Listyarini, I. (2020). Hubungan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(1), 122. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24435
Manullang, R. A., Sianipar, E., Herman, & Sinurat, B. (2022). The Application of Phonics Instruction in Reading Text at Grade X SMK N . 1 Pematangsiantar. Journal of Modern Philosophy, Social Sciences and Humanities, 4(2720), 25–31.
Maptuhah, M., & Juhji, J. (2021). Pengaruh Perhatian Orangtua dalam Pembelajaran daring terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 25–34. https://doi.org/10.54069/attadrib.v4i1.127
Maulidya, N. S., & Nugraheni, E. A. (2021). Analisis Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Ditinjau dari Self Confidence. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2584–2593. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.903
Meyanti, I. G. A. ., Atmadja, N. ., & Pageh, I. . (2021). Kontribusi motivasi belajar, disiplin belajar, dan sikap sosial terhadap hasil belajar ips. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 5(2), 107–116. https://doi.org/10.23887/pips.v5i2.422
Mursari, C. (2020). Deskripsi Kemampuan Berikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 5(2), 40. https://doi.org/10.30595/alphamath.v5i2.7345
Nasrah, & Muafiah, A. (2020). Analisis Motivasi Belajaar dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19. Riset Pendidikan Dasar, 3(2), 207–213.
Negara, I. P. B. J. A., Suniasih, N. W., & Sujana, I. W. (2019). DETERMINASI DISIPLIN BELAJAR DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPS SISWA KELAS V. 18, 87–96.
Novalinda, R., Prima, F. K., Mallisza, D., & Ambiyar. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Entrepreneurship Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Manajemen Optik. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(2), 192. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i2.1859
Nurnaifah, I. I., Akhfar, M., & Nursyam. (2022). PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA. Journal of the Edutainment, 4(3), 1–20. https://doi.org/10.36237/koedus.4.3.1
Prabanitha, M. I., Sudarma, I. K., & Dibia, I. K. (2020). Korelasi Antara Gaya Belajar dengan Hasil Belajar IPA. Mimbar Ilmu, 25(2), 51. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.25650
Pramesty, M. P., & Suratno, I. B. (2021). Hubungan Rasa Percaya Diri, Perhatian Guru, Dan Dukungan Teman Sebaya Dengan Keaktifan Belajar Siswa Di Kelas. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Akuntasi, 15(1), 1–10. https://e-journal.usd.ac.id/index.php/JPEA/article/view/4601
Prasetyo, A., & Sukarni. (2021). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas Xii Di Smkn I Batam. Muaddib : Studi Kependidikan Dan Keislaman, 11(1), 1–19. https://doi.org/10.24269/muaddib.v1i1.2721
Pujiningrum, E., Siswanto, J., & Sukamto, S. (2021). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SD Negeri Mangunrekso 01. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.51874/jips.v2i1.9
Rahman, A. (2021). PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA. Pendidikan Indonesia, 2(2), 171–180.
Ramadhani, R. (2018). The enhancement of mathematical problem solving ability and self-confidence of students through problem based learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 127–134. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.13269
Safna, O. P., & Wulandari, S. S. (2022). Pengaruh Motivasi, Disiplin Belajar, dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Siswa. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(2), 140–154. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i2.1458
Santri, A., & Abdillah. (2020). Pengaruh Minat Baca dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar PAI Siswa SDN 105304 Sarilaba Jahe Sibiru-biru Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, Vol. 1(No. 6), hlm. 2.
Satria, T. G. (2021). HUBUNGAN PERHATIAN DARI ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. 30(1), 71–76.
Sayekti, A., Darmawati, D., & Sulistyandari, S. (2020). PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER, POLA ASUH ORANG TUA DAN PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 BATURRADEN. Soedirman Economics Education Journal, 2(1), 21. https://doi.org/10.32424/seej.v2i1.2150
Sholihah, H., & Novita, A. (2021). Hubungan Persepsi, Pengaruh Teman Sebaya dan Dukungan Keluarga dengan Perilaku Merokok Remaja Laki-Laki. Journal of Public Health Education, 1(01), 20–29. https://doi.org/10.53801/jphe.v1i01.14
Sudiartini, N. L., Suharta, I. G. P., & Sudiarta, I. G. P. (2021). Kontribusi Kedisiplinan Belajar, Pola Asuh, dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 124. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.31386
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Manajemen. CV. ALFABETA.
Sulfemi, W. B., & Lestari, A. H. (2017). Korelasi Kompetensi Pedagogik Guru Dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS di SMP Muhammadiyah Pamijahan Kabupaten Bogor. Jurnal Ilmiah Edutecno, 16(106), 1–17.
Syachtiyani, W. R., & Trisnawati, N. (2021). Analisis Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 90–101. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.878
Syah, J. (2019). Pengaruh Status Sosial Ekonomi dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(02), 154. https://doi.org/10.30998/diskursus.v1i02.5291
Utomo, S. W., Andriyani, S. O., & Wihartanti, L. V. (2021). Pengaruh Motivasi, Gaya Belajar Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Di Smkn 1 Geger. Soedirman Economics Education Journal, 3(1), 66. https://doi.org/10.32424/seej.v3i1.4016
Wahidin. (2019). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Anak Sekolah Dasar. Pancar, 3(1), 232–245.
Yudha, R. I. (2020). Pengaruh Dukungan Orang Tua, Teman Sebaya dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA PGRI 2 Kota Jambi. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 6(1), 49–58. https://doi.org/10.30653/003.202061.105
Zakiyah, M. (2022). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Smkn 3 Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir. Jurnal Tafidu, 1(1), 153–165. https://doi.org/10.57113/jtf.v1i1.192