Towards Community-based Enterprises Empowerment Model for Rural Areas
Abstract
Kewirausahaan memiliki peran penting untuk transformasi sosial yang berkelanjutan. Motif dan kualitas kewirausahaan diakui sebagai inti dalam membangun setiap aktivitas bisnis, termasuk usaha kecil. Penelitian ini mengkaji berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat dalam upaya mengembangkan kewirausahaan berbasis masyarakat sebagai salah satu model alternatif bisnis di wilayah perdesaan Indonesia. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner pada 83 komunitas usaha kecil yang berada di wilayah kabupaten Banyumas Jawa Tengah. Kewirausahaan yang berorientasi pada masyarakat merupakan salah satu bentuk alternatif dari kewirausahaan sosial yang mengejar keuntungan ekonomi berbasis jaringan sosial.
References
Chalid, P. (2005). Otonomi daerah: masalah, pemberdayaan, dan konflik. Kemitraan.
Darwanto, D. (2012). Peran Entrepreneurship Dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Dan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat. Prosiding Riset Terapan Bldang Manalemen & Bisnls NNGKAT N4Sl0NAL JUIWSW Adminlstrasl Bisnls Politeknik Negerl SEMARANG 2012, 11–24.
Headd, B. (2000). The characteristics of small-business employees. Monthly Lab. Rev., 123, 13.
Martin, R. L., & Osberg, S. (2007). Social entrepreneurship: The case for definition. Stanford social innovation review Stanford.
Oruc, N., Delalic, S., Kamenjas-CEDAR, L., Narazani, E., Mara, I., & Saka-ACSER, T. (2013). Linking rural entrepreneurs and diaspora in Albania and Bosnia-Herzegovina. Regional Research Promotion Program Western Balkan, 1–124.
Santhi, N., & Kumar, S. R. (2011). Entrepreneurship challenges and opportunities in India. Bonfring International Journal of Industrial Engineering and Management Science, 1(Special Issue Inaugural Special Issue), 14–16.
Saragih, J. R. (2015). Perencanaan wilayah dan pengembangan ekonomi lokal berbasis pertanian: teori dan aplikasi. Pustaka Pelajar.
Subroto, W. T. (2013). Entrepreneurship development course to foster character merchandise in support economic growth. Asian Economic and Financial Review, 3(6), 762.
Winship, C., & Mare, R. D. (1984). Regression models with ordinal variables. American Sociological Review, 512–525.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.