Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Musikalisasi Puisi di TK Kuncup Mekar Banyumas

Bahasa Indonesia

  • Widya Putri Ryolita Universitas Jenderal Soedirman
  • Vera Krisnawati Program Studi Sastra Indonesia, Universitas Jenderal Soedirman
  • Tri Wahyu Setiawan Program Studi Sastra Inggris, Universitas Jenderal Soedirman
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.20884/1.pamasa.2025.3.1.16680

Abstrak

Kreativitas anak usia dini perlu dikembangkan melalui metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan gaya belajar mereka. Musikalisasi puisi merupakan pendekatan inovatif yang menggabungkan unsur seni, musik, dan bahasa dalam proses belajar yang menyenangkan. Pengabdian masyarakat ini dilakukan di TK Kuncup Mekar Banyumas yang menghadapi keterbatasan dalam penyediaan media pembelajaran kreatif. Metode kegiatan meliputi pelatihan guru, pendampingan proses pembelajaran, pengadaan media belajar, dan pementasan karya musikalisasi puisi. Hasil menunjukkan peningkatan antusiasme guru dalam mengembangkan metode pembelajaran, serta meningkatnya kemampuan berekspresi dan percaya diri anak-anak. Selain itu, penggunaan puisi lokal mendukung pelestarian budaya Banyumas sejak dini. Program ini terbukti efektif dalam menciptakan suasana belajar yang interaktif, komunikatif, dan kreatif. Kesimpulannya, pembelajaran musikalisasi puisi menjadi alternatif yang relevan dan aplikatif untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini di wilayah dengan keterbatasan sumber daya.


 

Referensi

DAFTAR PUSTAKA
Ardhana, & Pratama. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Kreatif untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 745–752. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.235
DePorter, & Hernacki. (2007). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Kaifa Learning.
Dewi, Ningsih, & Nurul. (2020). Penguatan Budaya Lokal dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 65–73. https://doi.org/10.33369/jip.5.1.65-73
Fitriani, & Saputro. (2022). Pengaruh Musikalisasi Puisi terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 101–112. https://doi.org/10.21009/jpaud.072.04
Gunawan, & Haris. (2021). Inovasi Pembelajaran Kreatif di TK. Jurnal Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia, 6(1), 56–66. https://doi.org/10.32585/jpaudi.v6i1.1171
Marlianti, Wahyuni, & Putra. (2023). Media Edukatif Berbasis Seni untuk Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1091–1098. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.2526
Muniroh, Kurniawan, & Wahyudi. (2020). Pembelajaran Bermuatan Budaya Lokal Banyumas. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 221–232. https://doi.org/10.24832/jpnk.v10i3.349
Prasetyo, Astuti, & Kurniawan. (2022). Pengaruh Musik dalam Pengembangan Psikomotorik Anak TK. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 45–55. https://doi.org/10.33369/paudria.v7i1.1824
Purwanti, & Adi. (2021). Pendampingan Sebagai Strategi Pemberdayaan dalam Program Pengabdian Masyarakat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 12–19. https://doi.org/10.22146/jpkm.63415
Putri, & Rosdiana. (2020). Pentas seni sebagai media peningkatan ekspresi diri anak usia dini. Jurnal Golden Age, 4(1), 35–43. https://doi.org/10.24815/jga.v4i1.15602
Rahayu, & Lestari. (2021). Pendekatan Partisipatif dalam Pengembangan Masyarakat Berbasis Pendidikan. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(1), 67–75. https://doi.org/10.25139/jami.v2i1.2834
Sari, & Kurniawan. (2021). Strategi Pendidikan Berbasis Budaya Lokal untuk Anak Usia Dini. Jurnal Cakrawala Dini, 9(1), 77–84. https://doi.org/10.17509/cd.v9i1.38174
Sugiono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D (edisi revisi). Alfabeta.
Sutanto, & Amelia. (2020). Musikalisasi Puisi sebagai Strategi Pembelajaran Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Edukasi Anak, 5(2), 59–67. https://doi.org/10.21009/edukasia.052.06
Syafitri, Lubis, & Ningsih. (2021). Musikalisasi Puisi dalam Meningkatkan Ekspresi Anak. Jurnal Pendidikan Usia Dini Dan PAUD, 8(3), 133–141. https://doi.org/10.24036/paud.v8i3.154
Utami, & Widodo. (2020). Pelatihan Guru PAUD dalam Meningkatkan Kompetensi Metode Pembelajaran Berbasis Seni. Jurnal Mitra Pendidikan, 4(2), 112–120. https://doi.org/10.33474/jmp.v4i2.1197
Diterbitkan
2025-06-30
##submission.howToCite##
RYOLITA, Widya Putri; KRISNAWATI, Vera; SETIAWAN, Tri Wahyu. Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Musikalisasi Puisi di TK Kuncup Mekar Banyumas. Pamasa : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, [S.l.], v. 3, n. 1, june 2025. ISSN 3025-115X. Tersedia pada: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/pamasa/article/view/16680>. Tanggal Akses: 01 july 2025 doi: https://doi.org/10.20884/1.pamasa.2025.3.1.16680.
Bagian
Articles

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##