Mengenalkan Wisata Alam Sejak Dini: Pengabdian di Panorama Boyolali bersama TK Bakti Islam Sukoharjo
Abstract
Pentingnya pengenalan alam sejak dini bagi anak-anak semakin mendesak, terutama mengingat dominasi gawai yang membatasi interaksi mereka dengan lingkungan fisik. Data menunjukkan tingginya penggunaan gawai pada anak usia 0-6 tahun (Vardia, et al., 2024), yang berpotensi menghambat perkembangan anak dan menimbulkan masalah kesehatan. Padahal, wisata alam terbukti meningkatkan kreativitas, kemampuan motorik, dan kesadaran lingkungan (Louv, 2008; Chawla, 2015). Menanggapi tantangan ini, program pengabdian masyarakat "Mengenalkan Wisata Alam Sejak Dini: Pengabdian di Wisata Panorama Boyolali bersama TK Bakti Islam Sukoharjo" dilaksanakan.
Program ini bertujuan memberikan pengalaman langsung kepada 22 siswa TK Bakti Islam Sukoharjo dalam menjelajahi dan memahami kekayaan alam di Wisata Panorama Boyolali. Kegiatan ini mencakup pelatihan, praktik wisata alam yang aman, interaksi dengan elemen alam, serta aktivitas fisik di area outbound dan kolam renang alami. Metode pelaksanaannya meliputi survei lokasi, perizinan, persiapan materi, pendekatan dengan wali murid dan siswa, hingga penyuluhan teoritis sebelum praktik langsung di lapangan.
Hasil kegiatan menunjukkan antusiasme tinggi siswa dalam berinteraksi dengan alam, memperkenalkan mereka pada potensi rekreasi dan edukasi alam lokal. Dampak positif program ini juga meluas kepada tenaga pengajar yang memperoleh wawasan baru mengenai metode pembelajaran di luar kelas, serta mendorong orang tua untuk lebih aktif dalam memperkenalkan anak-anak pada lingkungan alam. Secara lebih luas, program ini diharapkan dapat menjadi model integrasi wisata alam dalam kurikulum pendidikan, sekaligus menumbuhkan rasa cinta dan syukur anak terhadap alam. Program ini juga turut memperkenalkan institusi pengabdi sebagai promotor wisata edukasi anak. Keberlanjutan program sangat diharapkan mengingat respons positif dan antusiasme peserta.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.