Hologram sebagai Media Edukasi untuk Meningkatkan Pengetahuan Anak dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan
Abstract
Anak merupakan generasi masa depan yang berperan dalam menjaga kelestarian lingkungan. Lingkungan yang dijaga secara baik akan dapat memberikan kehidupan yang layak bagi generasi selanjutnya. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan anak dalam menjaga kebersihan lingkungan melalui hologram sebagai media edukasi berbasis teknologi. Lokasi kegiatan di Desa Tanjung Seteko Kabupaten Ogan Ilir. Tahapan kegiatan pengabdian meliputi pembuatan video dengan topik menjaga kebersihan lingkungan, mempersiapkan media hologram, memberikan pretest, menayangkan video edukasi melalui media hologram, dan memberikan posttest untuk mengukur keberhasilan kegiatan ini. Adapun hasil dari pembagian pretest dan posttest menunjukkan perbedaan dalam peningkatan skor setelah ditayangkan video menggunakan media hologram. Rata-rata skor pretest anak adalah 46,65 dalam kategori sedang. Sedangkan skor hasil posttest meningkat menjadi 64,35 dalam kategori tinggi. Hasil uji N-Gain ternormalisasi menunjukkan rata-rata sebesar 0.327 yang termasuk kategori sedang. Berdasarkan hasil angket tersebut diketahui bahwa edukasi menjaga kebersihan lingkungan melalui media hologram dapat meningkatkan pengetahuan anak-anak desa Tanjung Seteko Kabupaten Ogan Ilir.
References
Kurniawan, D., Susilaningsih., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Media Obyek 3D Vaccum Circuit Breaker Memanfaatkan Piramida Hologram. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 16-22.
Lonto, J. S., Umboh, A., & Babakal, A. (2019). Hubungan Pola Asuh Orangtua Dengan Perilaku Jajan Anak Usia Sekolah (9-12 Tahun) di SD GMIM Sendangan Sonder. Jurnal Keperawatan, 7(1), 1-7.
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. (2024). Timbulan Sampah. (online) https://sipsn.menlhk.go.id/sipsn/public/data/timbulan, diakses pada tanggal 17 Mei 2024.
Norma. (2019). Pengaruh Media Animasi Hologram Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VII di SMP Negeri 3 Balusu Kecamatan Balusu Kabupaten Barru. Carbohydrate Polymers, 6(1), 5–10.
Nugroho, A., & Purwanto, A. (2021). Pembangunan Media Pembelajaran Interaktif menggunakan Vide 3D di SMPN 25 Bandung (Studi Kasus Pembelajaran Dinosaurus Masa Mesozoikum). Jurnal Pengabdian Teknik dan Ilmu Komputer, 1(1), 16-22.
Sari, N. (2020). Penerapan Media Hologram 3D Smartphone dan Media Gambar untuk Peningkatan Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia 5-6 Tahun di KB-TK Islam Al Azhar 22 Semarang. Semarang. 1–244.
Tawaqqal, I., Ningrum, P. I., & Yamin, M. (2017). Hologram Holographic Pyramid 3D. Jurnal SemanTIK. 1(1), 181–188.
Wibowo. (2011). Manajemen Kinerja. Edisi Ketiga. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Windi, W. A., Taufiq, M., & Muhammad, T. (2022). Implementasi Wilcoxon Signed Rank Test Untuk Mengukur Efektifitas Pemberian Video Tutorial Dan Ppt Untuk Mengukur Nilai Teori. Produktif : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknologi Informasi, 5(1), 405–410.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.