Pelatihan Literasi untuk Meningkatkan Kecakapan Hidup Siswa SMAN 30 Jakarta
Abstract
Data dari survei PISA menunjukkan bahwa angka literasi di Indonesia terbilang mengkhawatirkan. Dari 65 negara, Indonesia berada di peringkat 64. Tak hanya itu, dilansir dari data UNESCO faktanya tingkat minat baca orang Indonesia sangat memprihatinkan, yakni hanya 0,001 persen. Hal ini mengindikasikan bahwa hanya satu dari setiap 1.000 orang Indonesia yang gemar membaca. Rendahnya tingkat literasi sepatutnya sudah menjadi alarm bagi masyarakat khususnya bagi pemerintah. Karena hal itu menunjukan adanya kemunduran dari sumber daya manusia di Indonesia, terutama di kalangan remaja atau siswa. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini berupa pelatihan atau training yang berupa latihan membaca dan memamhami bahan bacaan, latihan menulis dan pemanfaatan pojok baca maupun memberikan motivasi untuk memanfaatkan perpustakan sekolah. Dari hasil pengumpulan data melalui kuesioner dan wawancara, diketahui bahwa kegiatan pelatihan literasi memberi pengaruh positif terhadap kesadaran literasi bagi siswa khususnya di lingkungan SMA Negeri 30 Jakarta. Dampak yang diharapkan dari kegiatan tersebut adalah meningkatnya motivasi membaca siswa dengan memanfaatkan pojok literasi, perpustakaan sekolah serta meningkatnya kemampuan membaca pemahaman dengan meringkas sehingga dapat meningkatkan kecakapan hidup dalam merancang masa depan agar lebih baik.
References
Ahmad, M., & Tambak, S. (2018). Penerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Murid Pada Pelajaran Fiqh. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 15(1), 64-84.
Ansori, A. R. (2021). Asa APBN Menggapai Indonesia Maju 2045. Binsar Hiras Publisher.
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom's taxonomy of educational objectives: complete edition. Addison Wesley Longman, Inc.
Aswita, D., Nurmawati, M. P., Salamia, M. S., Sarah, S., Si, S. P., Saputra, S., ... & Ismail, N. M. (2022). Pendidikan
Literasi: Memenuhi Kecakapan Abad 21. Penerbit K-Media. Irianto, P. O., & Febrianti, L. Y. (2017). Pentingnya penguasaan literasi bagi generasi muda dalam menghadapi MEA. In Proceedings Education and Language International Conference (Vol. 1, No. 1).
Hasan, M., Maulidyanti, H., Tahir, M. I. T., & Arisah, N. (2022). Analisis keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui kegiatan literasi. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 8(2), 477-486.
Indriyani, V., Zaim, M., Atmazaki, A., & Ramadhan, S. (2019). Literasi baca tulis dan inovasi kurikulum bahasa. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 108-118.
Jasmine, D. F., Sunaengsih, C., & Syahid, A. A. (2024). Analisis Program Budaya Literasi Dalam Peningkatan Minat Baca Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 13(1), 80-89.
Kurnianingsih, I., Rosini, R., & Ismayati, N. (2017). Upaya peningkatan kemampuan literasi digital bagi tenaga perpustakaan sekolah dan guru di wilayah Jakarta pusat melalui pelatihan literasi informasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 61-76.
Rachmat, A., Pakpahan, F. P., & Rafida, U. (2020). Linguistik Kultural Sebagai Pengungkap Kearifan Lokal Dalam Peningkatan Literasi Di Pesantren Manba’ul Ulum Tasikmalaya. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 484-491.
OECD. (2019). Programme for International Student Assesment
Sari, R., Lestari, S., & Budiarti, M. (2020). Analisis program gerakan literasi sekolah dalam menumbuhkan minat baca. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 345-350.
Santosa, E., Nugroho, P. J., & Siram, R. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah. Equity In Education Journal, 1(1), 56-61.
Sentoso, A., Octavia, O., Wulandari, A., Jacky, J., Kurniawan, S., & Thieng, S. (2021, October). Pentingnya Literasi Dalam Era Digital Bagi Masa Depan Bangsa. In National Conference for Community Service Project (NaCosPro). (Vol. 3, No. 1, pp. 767-776).
Suneki, S., & Purnamasari, V. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 238-245.
Ulfa, M., & Oktaviana, E. (2021). Peningkatan Kemampuan Berliterasi melalui Model Discovery Learning Berbantuan Media Pohon Literasi. Jurnal Basicedu, 5(6), 5204-5212.
Wirabumi, R. (2020). Metode Pembelajaran Ceramah. In Annual Conference on Islamic Education and Thought (ACIET) (Vol. 1, No. 1, pp. 105-113).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.