Pendampingan Mengaji Melalui Metode Qiro’ati di Masjid Hasan Rifa’i, Ponorogo
Abstrak
Peran Masyarakat dalam Lembaga Pendidikan berbasis keagamaan Islam menjadi tanggung jawab semua pihak, khususnya pondasi awal tentang membaca Al Qur’an. Adanya wadah pendidikan Al Qur’an di Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA) desa Bangunrejo , masih belum cukup untuk mengoptimalkan kemampuan membaca Al Qur’an pada anak-anak di desa Bangunrejo. Dari hasil observasi di awal bahwa terlihat dari kondisi anak-anak yang kurang berminat untuk belajar mengaji disebabkan belum adanya pengajar pengganti dalam mengajar mereka setiap sore hari di masjid Hasan Rifa’i. maka dari itu, penulis membantu melakukan pengembangan kegiatan belajar mengajar mengaji dengan menggunakan metode Qiro’ati. Sebab banyak dari mereka belum menguasai tentang cara membaca Al-Qur’an secara baik dan benar Tujuan dari pengabdian kepada Masyarakat melalui kegiatan mengaji di Masjid Hasan Rifa’I diharapkan untuk membantu anak-anak di desa Bangunrejo yang tidak belajar di TPA ataupun anak-anak yang ada dilingkungan masjid untuk bisa mengaji. Metode pengabdian yang dilakukan adalah pendampingan mengaji menggunakan metode Qiro’ati. Hasil dari pengabdian kepada Masyarakat pelaksanaan terdapat tiga pelaksanaan, yakni tahap awal dimulai dari kehadiran peserta (anak-anak), tahap inti yang menggunakan metode qiroati secara keseluruhan dan tahap penutup (evaluasi).
Referensi
Alatas, M. A. (2024). Observasi Pendidikan Al Qur’an Masjid Hasan Rifai.
Ali, R. (2017). Efektifitas Metode Qiroati dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran Siswa Sdit Bunayya Medan. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 2(1), 179–186.
Ansari, M. I. (2017). Pelaksanaan Karantina Tahfidzh Al-Qur’an 30 Hari untuk Siswa Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah di Banjarmasin. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v2i2.764
Firdaus, M. I. F., Ma’afi, R. H., Taqiyuddin, W., Hafidz, Y. A., & Syaifuddin, M. (2023). Pelatihan Pembelajaran Al-Quran Dengan Metode Qiro’ati di TPQ Al Amin Desa Bondrang. Kreativasi : Journal of Community Empowerment, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.33369/kreativasi.v2i1.27560
Jamaluddin, J., Risdawati, R., Suriati, S., & Judrah, M. (2022). Pembinaan TK/TPA di Desa Duampanuae Kecamatan Bulupoddo Kabupaten Sinjai. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.53621/jippmas.v2i2.153
Mawaddah, H., & Istiqomah, S. (2023). Peran Orang Tua Dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’An Anak Usia 5-6 Tahun di Ra An-Nuriyah Cipondoh Makmur. Ash-Shobiy: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Dan Al-Qur’an, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.33511/ash-shobiy.v2n1.13-26
Retnowati, M. S., Naufal, M. Z., & Sujatmiko, M. (2023). Pendampingan Pembelajaran Makhorijul Huruf Pada Siswa SDN 2 Klepu, Sawo, Ponorogo. Welfare Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 320–327.
Paistaimas. (2024). Pentingnya Pendidikan Agama Islam Sejak Usia Dini – PAI STAIMAS. https://www.pai.staimaswonogiri.ac.id/2023/03/14/pentingnya-pendidikan-agama-islam-sejak-usia-dini/
Yasir Mutoha. (2020). Penerapan Metode Qiro’ati Dalam Pembelajaran Baca Al-Qur’an di TPA Darussalam Paseh Banjarmangu Banjarnegara. Universitas Islam Indonesia.