Pendampingan Pembelajaran Literasi untuk Menghadapi ANBK di MTs. Muhammadiyah 13
Abstract
Artikel ini membahas tentang pendampingan pembelajaran literasi sebagai upaya persiapan siswa menghadapi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 13 Solokuro Kabupaten Lamongan. Literasi, yang mencakup kemampuan membaca, menulis, dan memahami teks, merupakan komponen penting dalam ANBK. Artikel ini menguraikan langkah-langkah konkret untuk memberikan pendampingan literasi yang efektif kepada siswa. Pendampingan dimulai dengan identifikasi kebutuhan siswa secara individu dan kelompok. Bahan bacaan yang relevan dengan materi ujian disediakan untuk membantu siswa mengembangkan pemahaman yang lebih luas dengan menggunakan buku AKM. Selain itu, siswa dilatih dalam strategi literasi seperti membaca cepat, mencatat informasi penting, dan menganalisis teks. Soal-soal latihan mirip dengan format ANBK digunakan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Kemampuan teknologi juga ditekankan karena ANBK adalah ujian berbasis komputer. Evaluasi berkala digunakan untuk memantau kemajuan siswa dan merencanakan tindak lanjut yang sesuai. Pendampingan literasi ini bukan hanya persiapan untuk ujian, tetapi juga investasi dalam pengembangan kemampuan literasi siswa yang akan berdampak positif dalam kehidupan mereka di masa depan. Dengan pendekatan ini, diharapkan siswa akan lebih siap menghadapi ANBK dan menjadi individu yang lebih terampil dalam literasi. Setelah pendampingan berjalan siswa terampil menggunakan komputer, terbiasa membaca dan mengetahui cara mengerjakan soal ANBK dengan lebih baik.
References
Arifatin, F. W., Nada, N. A., Luthfiyah, M., & Sari, M. N. (2023). Peningkatan Literasi dengan Upaya One Day One Page di SMP Ahmad Yani Sukorame Lamongan Jawa Timur. 3(2), 419–426.
Fauzan, Fakih; Mukminan, Mukminan. (2019). Efektivitas tryout Ujian Nasional berbasis Computer-Based Test untuk mendukung kesiapan dalam menghadapi UNBK. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 56-68, apr. 2019. ISSN 2460-7177. Available at:
Sasi, S. A. L. I. (2016). Sertifikasi Pendidik.
Sekar, G., Purnomo, A., & Wiradimadja, A. (2021). Kesiapan Belajar jarak jauh siswa SMP di Kota Malang. JPIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 7(2), 81-92. https://doi.org/10.18860/jpips.v7i2.1 1669
Sevima, A. (2020). Pengertian Literasi Menurut Para Ahli, Tujuan, Manfaat, Jenis dan Prinsip. In Sevima. https://sevima.com/pengertian-literasi-menurut-para-ahli-tujuan-manfaat-jenis-danprinsip
Soekartawi. (2017). E-learning: Konsep dan Aplikasinya. Depdiknas Seminar.
Suparyanto dan Rosad (2015. (2020). 済無No Title No Title No Title. In Suparyanto dan Rosad (2015 (Vol. 5, Issue 3).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.