Membangun Insan Akademis Yang Bijak Dan Cerdas Bermedia Sosial Di Era Digital Literasi dan Informasi Pada Siswa SMKN 2 Palangka Raya
Abstract
Pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan ini bertujuan untuk pertama, meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan wawasan siswa SMK N 2 Palangka Raya dalam menggunakan media sosial. Kedua, meningkatkan pemahaman dan pengetahuan siswa SMK N 2 Palangka Raya tentang literasi media dan informasi. Dengan adanya sosialisasi terkait bijak dalam bermedia sosial diharapkan para siswa memiliki kesadaran yang utuh dalam menggunakan media sosial, etika bermedia sosial yang baik dan benar, dan cermat dalam memvalidasi berita yang berimbang. Hasil kegiatan pengabdian ini para siswa mendapatkan bekal pengetahuan pemahaman dan keterampilan dalam menggunakan media sosial. Dibutuhkan sikap yang bijak dan cerdas dalam memainkan media sosial agar tidak memberikan dampak negatif pada masyarakat.
References
mahasiswa S1). Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Bunga Ayu Wulandari, dkk. (2020). Cerdas dan Bijak Menggunakan Media Sosial di Era Digital Literasi dan Informasi Kepada Siswa Kelas IX SMPN 7 Muaro Jambi. Jurnal Karya Abdi, (4) 3, 522-530.
Gagliardone, I., Gal, D., Alves, T., & Martinez, G. (2015). Countering Online Hate Speech.
Unesco Publishing.
Haryani M. R., Mudjiran, & Syukur, Y. (2012). Dampak pornografi terhadap perilaku siswa
dan upaya guru pembimbing untuk mengatasinya. Konselor, 1(1), 1-8.
Pradipta, A. (2016). Fenomena Perilaku Haters di Media Sosial (Skripsi mahasiswa S1).
Universitas Diponegoro, Semarang.
Rahmi Listyarti. (2019). Cerita akhir pekan: Kasus cyber bully terus meningkat di media sosial. Liputin6.com. Diambil dari
https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3951545/cerita-akhir-pekan-kasus-cyber-bully-
terus-meningkat-di-media-sosial.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.