Metode Pendidikan Sosial dalam QS. Ali Imran/3: 159
Abstract
Abstract: This research is a library research. The data has been collected through documentation method. The data were analyzed using the analytic interpretation method (tafsir tahlili) and presented descriptively. The results of the study indicated that qv. Ali Imran/3: 159 orders to be gracefull, be forgiving and democratic, tawakkal and the ideal attitudes in discussion. This verse give the solution to problems in social interactions. Qv. Ali Imran/3: 159 has an urgency in humans to interact with other people and the values of social education that can be used as a reference in social learning.
References
Al-Hasyimi, Abdul Hamid, Mendidik ala Rasulullah (Jakarta: Pustaka Azam, 2001).
Al-Jaziri, Abu Bakar Jabir, Tafsir Al-Qur’an Al-Aisar, Terj. M. Azhari Hatim, (Jakarta: Darus Sunnah, 2012).
Al-Maragi, Ahmad Musthafa, Tafsir Al-Maraghi 4 (Semarang: Karya Toha Putra, 1993).
Al-Qurthubi, Imam, Tafsir Al Qurthubi (Jakarta: Pustaka Azam 2008).
Ash Sidieqy, Hashbi, Tafsír Al-Qur’anul Majid “An-Nur” juz 4 (Jakarta: Bulan Bintang 1969).
As-Sa’di, Abdurrahman bin Nashir, Tafsir As-sa’di (Jakarta: Pustaka Sahifa, 2007).
Baidan, Nasrudin, Perkembangan Tafsir Al-Quran di Indonesia (Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2003).
Effendi, Muhammad Nur, ‘Pendidikan Sosial dalam Prespektif al-Quran’, Jurnal: Tarbiyah Islamiyah, 5.2 (2015).
Hidayat, Anwar, ‘Kesenjangan Sosial terhadap Pendidikan sebagai Pengaruh Era Globalisasi’, Jurnal Justisi Hukum, 2.1 (2017).
Kamil, Hildan, Khambali, and Asep Dudi Suhardini, ‘Implikasi Pendidikan QS. Ali Imran Ayat 159 terhadap Kompetensi Kepribadian Guru’, Jurnal Prosiding Pendidikan Agama Islam, 6.2 (2020).
Kementrian Agama RI, Al-Qur’an dan Tafsirnya Jilid 2 (Jakarta: Lentera Abadi, 2010).
Kristiana,Vera, Edi Rohendi, and Tuti Istianti. ‘Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Melalui Metode Bermain secara Kolaboratif’, Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8.1 (2016).
Masduki, Anang, ‘Al-Qur’an dan Budaya Komunikasi dalam Musyawarah: Telaah Surah Ali Imron 159 dalam Pandangan Mufassir’, Channel, 3.2 (2015).
Muntholib, Abdul, ‘Menilik Aspek-Aspek Sosial dalam Pendidikan Dasar dan Menengah’, Tarbawiyah, 13.2 (2016).
Nuhartanto, Amin, ‘Nilai–Nilai Pendidikan Akhlak dalam Al-Quran Surat Ali Imron Ayat 159-160’, Jurnal Profetik, 16.2 (2015).
Ramayulis and Samsu Nizar, Filsafat Pendidikan Islam (Jakarta : Kalam Mulia, 2009).
Rianie, Nurjannah, ‘Pendekatan Dan Metode Pendidikan Islam: Sebuah Perbandingan Dalam Konsep Teori Pendidikan Islam Dan Barat’, Journal Management of Education, 1.2 (2015).
Safitri, Lis, and Fadlil Munawwar Manshur, ‘Tujuan Pendidikan Islam dalam Pandangan Nurcholish Madjid’, Tsamrah al-Fikr, 10.1 (2016).
Safitri, Lis, Nurlaela, Ulul Huda, Kuntarto, and Muhamad Riza Chamadi, ‘Pemikiran Pendidikan Ibn Tufail: Studi Atas Kitab Hayy Ibn Yaqzan’, Matan: Journal of Islam and Muslim Society, 1.1 (2018).
Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Misbah Pesan, Kesan, dan Keserasian al-Quran (Jakarta: Lentera Hati, 2011).
Sugiyatno, ‘Kekerasan Di Sekolah Bagian Masalah Pendidikan Sosial- Emosional’, Paradigma, 9.5 (2010).
Surahman, Edy, and Mukminan, ‘Peran Guru IPS sebagai Pendidik dan Pengajar dalam Meningkatkan Sikap Sosial dan Tanggung Jawab Sosial Siswa SMP’, Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 4.1 (2017).