PENGARUH GADGET TERHADAP KETERLAMBATAN BICARA PADA ANAK DI ERA PANDEMI COVID-19
Abstract
Latar Belakang: Penggunaan gadget meningkat selama pandemi covid-19, hal ini berpotensi mengganggu tumbuh kembang bicara anak karen efeknya Tujuan Penelitian: mengetahui hubungan peranan gadget terhadap keterlambatan bicara pada anak di massa pandemi Metode: penelitian ini merupakan penelitian potong lintang studi kasus dan kontrol dengan kelompok kasus anak dengan gangguan biacar dan kelompok kontrol anak yang tidak mengalami gangguan bicara Hasil: Screen time gadget dari 2 jam dalam 1 hari meningkatkan resiko 3x terjadi gangguan bicara pada anak Kesimpulan. Perlu pendampingan dan kontrol orang tua saat anak sedang di depan gadget
References
Dewi, Arum Kusuma, Yuyun Yulianingsih, and Tuti Hayati. (2019). “Hubungan Antara Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini.” (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA) 2(1):83–92. doi: 10.15575/japra.v2i1.5315.
Fajariyah, Suryawan, Atika. 2018. Dampak Penggunaan Gawai terhadap Perkembangan Anak. Jurnal Sari Pediatri Vol. 20 No. 2. Tersedia pada: DOI https://dx.doi.org/10.14238/sp20.2.2018.10 1-5 [Diakses pada 19 Maret 2021].
Friantary, Heny. 2020. “Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini.” Zuriah : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1(2):127. doi: 10.29240/zuriah.v1i2.2100.
Helena Duch,, Elisa M. Fisher, Ipek Ensari, Marta Font, Alison Harrington, Caroline Taromino, Jonathan Yip, and Carmen Rodrigue.2013.Association of Screen Time Use and Language Development in Hispanic Toddlers: A Cross- Sectional and Longitudinal Study.clinical Pediatrics 52(9) 857–865.DOI: 10.1177/0009922813492881 cpj.sagepub.com
Kamal, Salahhudin, Misdayanti. 2020. Gadget As Risk Factor to Speech and Language Delay in Autism Children. Jurnal Kesehatan Masyarakat
Kamilah, Rihlah, Fitriyah, Syaikhon. 2020. Pengaruh Perilaku Kecanduan Gawai terhadap Perkembangan Bahasa pada Anak Usia Dini. Journal.Volume 2, No. 2. Tersedia pada: DOI https://doi.org/10.33086/cej.v2i2.1685
Lestari. 2019. Hubungan Penggunaan Gawai dengan Kertelambatan Bahasa pada Anak. Jurnal Sari Pediatri Vol.21 No.4. Tersedia pada: DOI https://dx.doi.org/10.14238/sp21.4.2
Martinot P,et al,2021.Exposure to screens and children’s language development in the EDEN mother–child cohort.| https://doi.org/10.1038/s41598-021-90867-3 9.231-5
Oktariani, and Windy Rainata. 2021. “Peningkatan Pemahaman Perkembangan Bahasa Anak Di Kid Care Children Therapy Centre.” 2(1):36–38.
Ponti,Michelle, Stacey Bélanger, Ruth Grimes, Janice Heard, Matthew Johnson, Elizabeth Moreau, Mark Norris, Alyson Shaw, Richard Stanwick, Jackie Van Lankveld, and Robin Williams. 2017. “Screen Time and Young Children: Promoting Health and Development in a Digital World.” Paediatrics and Child Health (Canada) 22(8):461–77. doi: 10.1093/pch/pxx123.
Rihlah, Jauharotul, Destita Shari, and Ayu Rizki Anggraeni. 2021. “Dampak Penggunaan Gadget Di Masa Pandemi COVID-19 Terhadap Perkembangan Bahasa Dan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun.” Early Childhood: Jurnal Pendidikan 5(1):45–55.
Siregar, Irma Suryani. 2022. “Dampak Penggunaaan Gadget Pada Anak Usia Dini Studi ;Kasus Pada Anak Usia Dini Desa Siolip.” 2(1):140–53.
Vebionita Megi Putri and Delfi Eliza.2021,The Impact of Negative Gadgets on Children's Language Development during the Covid-1Pandemic,International Journal of Emerging Issues in Early Childhood Education (IJEIECE) ISSN 2685- 4074 (Online)| 2655-9986 (Print) Volume 3 Number 1 (2021) Page: 07
Zengin-Akkus, P., Celen-Yoldas, T., Kurtipek, G., & ÖZMERT, E. 2018. Speech delay in toddlers: Are they only. Turkish Journal of Pediatrics, 60(2).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.